Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Smadav 8.5 Terdeteksi Bervirus Oleh Avira

Belum genap dua minggu merasakan nikmatnya menggunakan Smadav 8.5, tiba-tiba saya dikejutkan oleh suara “beep” yang keluar dari laptop saya. Suara nyaring seperti itu biasa muncul jika ada virus di laptop yang terdeteksi oleh Avira. Dan benar saja, sebuah file terdeteksi bervirus oleh antivirus yang pernah menyandang predikat sebagai antivirus terbaik tahun 2010 lalu.

Kemunculan suara “beep” ini terjadi pada hari Rabu (25/5) pagi, sesaat setelah saya mengupdate Avira ini. Padahal, sebelum melakukan update tidak tidak terjadi apa-apa pada laptop saya.

Menurut Avira, sebuah virus ‘BDS/Floder.hs.5’ atau semacam program yang berbahaya sejenis “Backdoor Server” telah menginfeksi file bernama SMARTP.EXE yang berlokasi di folder C:\Program Files\Smadav\. File bernama “Smadav 2011 Rev. 8.5.exe” yang ada di folder smadav itu sendiri ternyata juga terinfeksi oleh virus yang sama. Dengan terdeteksinya virus ini, nyaris fungsi smadav sebagai pencegah virus-virus lokal terbaik saat ini menjadi tidak berfungsi. Smadav menjadi tidak bisa berbuat apa-apa karena setiap kali file itu dieksekusi, selalu dicegah oleh Avira.

Namun, untuk menentukan apakah Smadav 8.5 itu benar-benar terinfeksi virus atau tidak, perlu dilakukan pengujian mendalam. Kita tidak bisa langsung memvonis sesuatu hal tanpa melakukan penelitian lebih lanjut. Apalagi, keluhan adanya virus ini hanya terjadi pada antivirus Avira. Pengguna antivirus lain belum ada yang mengalami keluhan apa-apa seputar Smadav 8.5 ini. Bisa saja Avira yang salah deteksi, namun tidak menutup kemungkinan juga Smadav memang benar-benar terinfeksi virus.

Bagi yang pernah mengalami hal yang sama, ditunggu share-nya.

~~~~~~~~~~~~~~~~~
Update : 29 Mei 2011
~~~~~~~~~~~~~~~~~

Dugaan adanya virus “BDS/Floder.hs.5” pada Smadav 8.5 ternyata tidak benar. Aviralah yang salah deteksi. Setelah saya melakukan update Avira (29/5), file Smadav 8.5 yang tadinya diduga terinfeksi virus, sekarang sudah tidak terdeteksi lagi. Kini antivirus Avira dengan Smadav bisa bekerjasama lagi untuk melindungi komputer dari serangan virus.

Komentar

56 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *