Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Pagerank Blog Turun

Kaget setengah mati saat membuka blog saya tadi malam. Betapa tidak, blog yang selama ini bertengger di Pagerank 3 (PR3), mendadak turun menjadi PR2. Belum hilang rasa kaget ini, tiba-tiba dikejutkan lagi dengan turunnya salah satu blog saya yang lain. Tak tanggung-tanggung, turun dari dari PR3 manjadi PR0. Ini yang sungguh keterlaluan. Begitu kejamkah Google, hingga membuat saya seakan tak berdaya seperti ini.

Di dunia maya, naik-turunnya pagerank blog sudah menjadi hal yang wajar. Tanpa kecuali, semua blog yang ada di internet akan mengalami proses naik-turun. Kenapa pagerank bisa turun? Jawabnya ya karena blog tidak disukai oleh Google, sementara kita tahu bahwa Google adalah mesin pencari terbesar saat ini. Kenapa google tidak suka? Ya tentunya ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Mungkin karena jarang update artikel, sering mengcopy artikel dari blog lain, berisi blog spam, dan banyak faktor lain.

Bagi saya sendiri, turunnya blog ini bukan kejadian yang pertama kali. Beberapa tahun lalu, blog yang berisi tutorial komputer dan rangkaian-rangkaian kegiatan saya dan keluarga ini turun dari PR3 menjadi PR2. Tapi tidak lama, selang beberapa hari kemudian pagerank-nya kembali lagi menjadi PR3. Turunnya pagerank blog memang memiliki dampak yang cukup berarti, terutama blog-blog yang digunakan untuk mencari uang di internet melalui link sell seperti blog saya ini. Disamping akan ditinggalkan oleh advertiser, posisi blog kita akan terdepak dari urutan atas Search Engine Results Page (SERP). Jika semula bisa berada di halaman pertama SERP, setelah pagerank turun berubah berada di halaman ke-2 atau ke-3 bahkan bisa ke belakang lagi.

Saat ini saya berjuang untuk menaikkan pagerank blog saya. Atau paling tidak, dengan kejadian ini saya bisa mengambil tindakan preventif pada blog-blog saya yang lain, agar tidak mengalami nasib serupa. Karena kita tahu bahwa untuk menjadi yang lebih baik itu tidak cukup hanya dengan doa, melainkan harus dibarengi dengan usaha dan kerja keras.

Komentar

35 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.