Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Memilih Deposito yang Tepat Sebagai Investasi Masa Depan

Memilih deposito
Deposito

Satu investasi memang tidak terlepas dari segala resiko yang selalu mengiringinya. Di beberapa pihak, potensi resiko menjadi tantangan yang mengasyikkan apalagi bila berbicara tentang keuntungan yang bisa diraih. Namun, di sisi lain justru banyak juga yang memilih jalur aman meski keuntungannya terbilang tidak sedahsyat investasi lainnya.

Dan ini juga berlaku pada deposito yang merupakan instrumen favorit masyarakat Indonesia dikarenakan faktornya yang lebih aman. Selain itu, hampir semua bank memiliki produk tersebut sehingga saat menentukan pilihan pun menjadi lebih mudah.

Meski demikian, memilih deposito tidak bisa dilakukan secara sembarangan mengingat setiap bank memberlakukan ketentuan yang berbeda. Salah satu bentuk deposito yang digemari adalah deposito jangka pendek dimana kisaran waktu yang ditawarkan 1 hingga 6 bulan.

Memilih deposito model ini cocok untuk mereka yang memiliki tujuan keuangan dalam waktu pendek. Biasanya, mereka enggan mengendapkan uang terlalu lama dan lebih memilih fleksibilitas. Hanya saja, keuntungan dari bunga terkadang tidak bisa dirasakan mengingat tenornya yang memang relatif singkat. Alasan diambilnya jenis ini lebih dikarenakan untuk menjaga uang dalam kondisi utuh alias tidak digangggu.

Sementara, deposito jangka panjang lain lagi dimana periode yang diberikan oleh pihak Bank kurang lebih diatas 12 bulan. Nah, jenis ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati suku bunga dan tidak memiliki rencana untuk menggunakan uang dalam waktu relatif dekat ini. Semakin banyak uang yang disetor serta tenor yang dipilih juga lama, maka suku bunganya juga tinggi. Bahkan, di beberapa bank nasabah tidak dikenakan biaya administrasi untuk membuka fasilitas ini. Walau, di sebagian bank hal ini malah diberlakukan.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih deposito adalah nama baik Bank. Hal ini penting guna mencegah atau mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Semakin tinggi nilai standar kesehatan dan layanan yang diberikan oleh Bank Indonesia, setidaknya ini memberi jaminan. Dan tak lupa, pilihlah bank yang menawarkan suku bunga deposito yang cukup bersaing.

Pastikan, sebelum melakukan deposito ada baiknya mengetahui hal apa saja yang diberlakukan oleh pihak bank seperti pembatalan, denda hingga perhitungan bunga

Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.