Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Meraup Untung Dibalik Plus Minus Investasi Emas

investasi emas
Investasi Emas

Bagi masyarakat banyak, emas atau logam mulia menjadi perhatian utama dalam hal melindungi nilai harta yang dimiliki. Bahkan, tidak sedikit diantara mereka yang berusaha mengambil keuntungan instan dengan cara menjadikannya sebagai instrumen investasi. Selain itu, dikarenakan tingkat likuiditas yang begitu tinggi membuat para investor berlomba lomba menjajakinya sebagai bentuk investasi favorit.

Meski harga emas sering mengalami perubahan yang cukup riskan bahkan pernah menyentuh level terendah perhitungan per tahunnya, namun tidak menyurutkan niat masyarakat untuk terus melakukan investasi emas. Alasannya, bisa saja emas yang mengalami penurunan hingga 15% dibandingkan tahun sebelumnya misalnya, namun beberapa bulan kemudian kembali menunjukkan kehebatannya di pasar komoditi logam.

Nah, justru di momen seperti itulah banyak masyarakat yang cenderung berusaha mengambil keuntungan dari pergolakan harga yang sedang terjadi. Akan tetapi, bagi Anda yang kurang paham atau belum memiliki landasan yang cukup dalam berinvestasi emas, sebaiknya jangan pernah ikut trend pasar. Terlebih, bila tujuannya untuk mengalahkan inflasi dalam jangka waktu 5 tahun ke depan misalnya.

Perlu diketahui  jika investasi emas adalah investasi jangka menengah serta investasi jangka panjang. Ini bertujuan agar pemahaman tentang investasi berupa emas untuk mewujudkan tujuan finansial lebih mudah terwujud. Bukan berarti mendapatkan keuntungan dari saat harga turun maka sebaiknya ambil langkah menjual dan sebaliknya. Walau tindakan ini sah sah saja dilakukan namun dikarenakan tujuannya untuk meminimalisir penyusutan nilai uang atau inflasi di waktu depan, maka sebaiknya langkah ini jangan dilakukan.

Memang, jual beli emas adalah tindakan yang paling sering dilakukan oleh spekulan yang sudah paham tentang pasar. Bahkan, dari kondisi ekonomi hingga politik di satu negara pun mereka sudah tahu tindakan apa yang harus dilakukan. Mereka berpatokan kalau harga emas memang sangat dipengaruhi oleh keadaan ekonomi makro apakah buruk atau malah stabil.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mengikuti anjuran dari banyak pakar investasi untuk membeli emas secara berkala dalam jumlah gram yang sudah dialokasikan. Hal ini dipandang lebih memberi keuntungan terutama untuk jangka panjang dikarenakan saat harga emas naik atau turun, Anda akan tetap membelinya. Selain itu, akan membiasakan Anda untuk tetap menabung dalam bentuk emas.

Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.