Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Saat Investasi Tanah Tawarkan Keamanan dan Tidak Merugikan

Investasi tanah
Investasi tanah

Harga tanah dipastikan setiap tahunnya akan selalu mengalami kenaikan. Itu sebabnya, tidak sedikit investor baik skala menengah hingga besar sekalipun menjadikannya sebagai bentuk investasi yang tidak saja aman namun dijamin tidak merugikan. Meski begitu, bukan berarti investasi tanah tidak memiliki resiko walau dalam perhitungan yang berbeda dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

Para pakar property juga kerap menganjurkan di beberapa seminar yang diadakan tentang pentingnya memiliki pandangan ke depan akan hal pemilihan jenis investasi berupa tanah.  Dalam beberapa kasus, tidak sedikit yang tadinya membeli lahan dengan harga sekitar Rp  500 per meter persegi, namun seiring waktu sudah mencapai Rp 100 juta per meter persegi. Satu angka yang fantastis bukan?

Bahkan, para ahli investasi tersebut pun turut menyakinkan jika mengalokasikan dana pada tanah tidak akan merugikan. Alasannya sederhana, penduduk dunia terus bertambah sementara luas tanah tak berbanding lurus dengan peningkatan tersebut. Akibatnya, harga tanah akan melonjak naik.

Lantas, adakah kiat sukses menjalankan investasi tanah sebagai bentuk perencanaan masa depan? Meski penjelasan awal mengatakan jika investasi dalam bentuk tanah tergolong aman, namun bukan berarti bebas dari resiko. Untuk menghindarinya yaitu dengan cara melihat lokasi tanah dimana kondisi ini sangat berperan besar dalam penentuan harga jual.

Semakin dekat dengan wilayah bisnis atau daerah yang mengalami perkembangan industri biasanya akan cenderung cepat naik harga tanahnya. Selain itu, untuk menjualnya juga tidak akan menemukan kesulitan karena peminatnya bersedia mengantri.

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan adalah kepastian hukum sebelum membeli. Dokumen atau sertifikat dari pihak terkait sangatlah diperlukan guna memberi rasa aman. Mulai dari IMB, SPPT PBB tahun terakhir, SHM atau SHGB hingga blue print bangunan menjadi satu kesatuan yang harus diperiksa dengan teliti.

Terakhir, jangan lupa untuk memastikan jika tanah dalam kondisi bebas sengketa. Jika ingin melakukan investasi tanah, ada baiknya memilih tanah yang bebas dari masalah hukum seperti pembagian warisan, harta gono gini atau malahan sita jaminan bank yang belum selesai.

Memang, dibutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk melakukan semuanya. Namun, yakinlah jika beberapa tahapan diatas akan membuat investasi benar benar memiliki daya jual tinggi.

Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.