Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Bunga vs Blog

Salam ngeblog
Jika kita ingin memiliki bunga yang indah, saat ini mungkin sangat mudah untuk diwujudkan. Dengan membawa uang 100 ribu rupiah, kita pergi ke toko bunga, lalu kita pilih-pilih bunga kesukaan kita, dan terkabullah keinginan kita untuk memiliki bunga yang indah.

Tapi bukan di situ letak perjuangannya. Bunga yang sudah kita beli butuh perawatan. Harus disiram tiap pagi hari, harus diberi pupuk, mungkin juga harus membuang daun-daun yg sudah kering supaya bunga itu tetap kelihatan segar dan indah, hingga bunga itu menambah keindahan halaman rumah kita sepanjang hari.

Hati kita menjadi tentram, tenang, melihat halaman rumah kita yang indah dihiasi bunga-bunga.

Tetapi jika tidak kita rawat, bunga itu tidak akan berkembang, lambat laun akan layu, kering, dan bahkan akhirnya bisa mati. Dan perjuangan kita yang sudah mengeluarkan uang 100 ribu untuk membeli bunga tadi akan menjadi sia-sia.

Ingin memiliki blog juga begitu. Memiliki blog sangat mudah untuk dilakukan. Dalam waktu kurang dari 15 menit kita sudah bisa memiliki blog yang bagus dan bisa diakses dari manapun.

Sangat mudah memang. Tetapi bagian yang paling sulit adalah merawatnya. Kita harus membuat postingan-postingan secara rutin, melakukan blogwalking, menjawab komentar-komentar yang ada di blog, dan sebagainya, sehingga blog kita cepat berkembang, yang pada akhirnya blog itu bermanfaat bagi banyak orang. Kita bisa saling berbagi, baik informasi maupun ilmu pengetahuan, sehingga bisa menambah wawasan kita.

Namun jika blog itu dibiarkan begitu saja, maka blog itu tidak akan mempunyai manfaat, baik bagi kita maupun bagi orang lain. Dan perjuangan kita di awal dalam membuat blog akan sia-sia.

Jangan biarkan blog kita layu, kering, dan mati karena tidak terurus.
Salam ngeblog

Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.