Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Banyaknya Sampah di Rumah

Memiliki rumah yang bersih mungkin merupakan dambaan kita semua. Rumah yang lantainya mengkilat, halamahnya indah, perabotannya tertata rapi dan sampah-sampah tidak berserakan dimana-mana, mungkin merupakan impian kita semua. Hidup sepertinya akan terasa lebih nyaman jika tinggal di rumah seperti itu. Tidur bisa nyenyak dan makan bisa enak walaupun yang dimakan seadanya.

Memiliki blog juga begitu. Blog yang tampilannya indah, enak dipandang, diisi dengan postingan menarik tentunya akan membuat pengunjung betah berlama-lama tinggal di blog kita. Pengunjung akan selalu ingat dan dengan senang hati akan mampir kembali di blog kita setiap saat.

Seperti juga dengan blog saya. Saya ingin memiliki blog seperti halnya rumah yang saya idamkan. Saya ingin blog yang tampilannya menarik, warnanya cerah, postingannya bagus, dan segala sesuatunya yang membuat orang senang berkunjung di blog saya.

Namun ternyata semua itu tidaklah mudah, terbukti dengan banyaknya sampah atau spam yang masuk di blog saya. Tercatat ada 25.000 spam lebih yang masuk di blog saya, sangat jauh jika dibandingkan dengan komentar yang hanya berjumlah 3.700-an.

Padahal saya ingin jumlah komentar yang masuk lebih banyak daripada spam-nya. Namun saya tidak tahu bagaimana caranya, apakah saya harus mengganti satpam β€œAkismet” agar sedikit longgar menjaga blog saya? Apakah saya harus menggunakan plugin β€œAnti Spam Word” yang membuat pengunjung harus mengetikkan kode tertentu jika ingin mengirim komentar? Ataukah ada cara lain?

Komentar

82 Comments