Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Dijengkelkan Oleh Form Komentar Lagi

Awal tahun ini mungkin merupakan awal yang kurang menguntungkan bagi saya. Bagaimana tidak, setelah disibukkan dengan pindah rumah yang memakan waktu hingga beberapa hari lamanya, tiba-tiba disusul masalah baru yaitu error-nya blog sehingga tidak bisa diberi komentar.

Masalah ini baru saya ketahui pada hari Kamis (2/1), sehari setelah membuat postingan tentang pindah rumah di blog yang sederhana ini. Pada awalnya saya merasa curiga setelah beberapa hari lamanya tidak ada komentar yang masuk di blog, padahal jumlah yang online tiap harinya ya lumayan, atau paling tidak jumlah hit-nya tidak kurang dari 700 hit setiap harinya.

Berawal dari kecurigaan itu, saya mencoba untuk mengetes dengan memberi komentar di salah satu postingan blog saya sendiri dengan tulisan “test … test”. Setelah saya “submit”, ternyata yang tampil adalah tulisan seperti di bawah ini :

Not Found

Sorry, but you are looking for something that isn’t here.

Pada awalnya saya mengira bahwa server pada hosting sedang error. Tapi setelah saya konfirmasikan, pihak hosting mengatakan bahwa servernya tidak mengalami masalah apa-apa. Dia mengatakan bahwa yang terjadi error adalah blog saya, kemungkinan setelah melakukan upgrade ke wordpress 2.7.

Tapi anehnya, kenapa error baru terjadi belakangan ini, padahal upgrade wordpress 2.7 sudah saya lakukan sekitar bulan Nopember 2008. Jika memang masalah terjadi dikarenakan upgrade, mestinya di bulan Nopember itu sudah timbul masalah, tapi ini kan tidak.

Merasa tidak puas dengan jawaban pihak hosting, saya mencari informasi sendiri melalui google. Dan sialnya, di google saya tidak menemukan informasi yang saya butuhkan, sehingga saya hampir putus asa dibuatnya. Saya baru kali ini mengalami masalah seperti ini, dan rasanya lebih mudah mengembalikan blog yang di-hack oleh Jamayckha daripada mengembalikan komentar blog agar tidak error.

Akhirnya dengan segenap kemampuan, dan dengan menggunakan “aji pengawuran”, setelah diotak-atik melalui cPanel dan bolak-balik membuka fireFtp untuk melihat file-file blog saya, akhirnya blog saya kembali normal lagi walaupun sepertinya agak berat loadingnya. Namun saya sudah merasa lega, karena blog saya sudah bisa diberi komentar.

Setelah beberapa kali saya amati, ternyata errornya komentar di blog saya ini sudah berlangsung sejak lama, yaitu sekitar tanggal 25 Desember 2008. Itu berarti hampir 10 hari blog saya tidak bisa diberi komentar.

Teman-teman yang saat itu mampir di blog saya dan mengatakan terjadinya masalah ini, antara lain :

Yari NK :
Saya dari kemarin2 ngirim komen lebih dari 20x tapi error melulu. Ini pasti lagi trouble. Mungkin karena Pak Edi lagi senang2nya dengan rumahnya yang baru, sampai2 rumah mayanya jadi ‘jealous’ tuh…. ngambeg…. huehehehe……

Edy C :
udah bisa komenkah?
selamat buat rumah barunya, pak
dan senang bisa ktemu langsung walopun ga sengaja dan cuma sebentar…

Juliach :
Selamat menempati rumah baru.
Nih udah lama aku tak bisa ngisi komentar!

namakuanda :
beberapa hari ini kok susah masuknya sih mas, ada security baru yah?
semoga rumah barunya membawa berkah bagi keluarga di surabaya

endar :
test lagi.
mosok gak iso komen…

dikma :
bismillah .. semoga berhasil nih komentar
karena dari kemarin2 nggak bisa kasih komentar
Ya udah, selamat atas rumah barunya dan tidak ketinggalan selamat ulang tahun buat rumah virtualnya yang sudah berusia 1 tahun

Genthokelir :
mudah mudahan kali ini komentar saya nggak gagal selamat juga pak edy wah beberapa kali saya gagal komentar nih

sawali tuhusetya :
wah, selamat atas kepindahan rumahnya, pak edi, semoga menjadi “syurga” buat keluarga dan mendatangkan banyak berkah serta keberuntungan. btw, berkali-kali saya komen di blog ini gagal terus, pask, syukurlah kalau sekarang dah kembali normal.

Dan mungkin masih banyak lagi teman-teman yang mengalami hal serupa. Untuk itu saya minta maaf atas ketidaknyamanan ini, dan saya berharap agar teman-teman tidak jemu untuk singgah di blog saya yang sederhana ini, dan saya berharap kejadian ini tidak terulang lagi.

Komentar

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.