Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Kehabisan Bandwidth

Siang itu, Kamis (25/6) sekitar jam 11.00 WIB, blog saya tidak bisa dibuka. Padahal rencana saya ingin menjawab komentar teman-teman yang sudah mampir di blog saya. Dengan kejadian ini, maka gagalah rencana saya itu.

Saat saya buka melalui URL, tampilan blog saya menjadi seperti ini :

     Bandwidth Limit Exceeded

The server is temporarily unable to service your request due to the site owner reaching his/her bandwidth limit. Please try again later.
________________________________________
Apache/2.0.63 (Unix) mod_ssl/2.0.63 OpenSSL/0.9.7a mod_auth_passthrough/2.1 mod_bwlimited/1.4 FrontPage/5.0.2.2635 mod_perl/2.0.4 Perl/v5.8.8 Server at edipsw.com Port 80

Login di WordPress tidak bisa, login di cPanel juga tidak bisa. Nyaris, tidak bisa berbuat apa-apa. Baru kali ini saya mengalami kehabisan bandwidth, padahal menurut ukuran saya, bandwidth 2 giga per bulan sudah lebih dari cukup untuk blog yang sederhana ini.

Jalan terakhir adalah menghubungi pihak hosting melalui e-mail. Saya tulis beberapa kalimat, dan saya sertakan tampilan yang ada di layar dengan harapan masalah ini segera dapat diatasi. Pengiriman e-mail sukses.

Beberapa saat kemudian, saya coba membuka blog saya lagi. Ternyata masih belum ada perubahan apa-apa. Saya cek di e-mail, ternyata belum ada tanggapan dari dapurhosting. Wah, terpaksa harus menunggu lagi.

Sekitar pukul 18.00 WIB, ada e-mail balasan dari dapurhosting.

Kepada: Edi Purwanto S.W. <edipsw@yahoo.co.id>

Pak Edi Yth.,

Itu artinya web anda kehabisan bandwidth. Penambahan bandwidth akan dikenakan biaya. Namun untuk anda akan kami beri gratis penambahan sebesar 2Gb menjadi 4 Gb. Penambahan bandwidht akan kami lakukan malam ini juga

Jika ada kesulitan dan pertanyaan, silahkan gunakan Ticket System kami di Member Area atau hubungi kami lagi. Kami akan sangat senang bisa membantu.

Salam Hangat,
Dapur Hosting

Sudah dapat diduga sebelumnya bahwa blog saya memang kehabisan bandwidth. Namun demikian, saya sedikit lega dengan adanya balasan e-mail dari dapurhosting ini, walaupun blog saya masih belum bisa dibuka.

Malam itu dapurhosting menambah bandwidth blog saya yang semula 2 giga per bulan menjadi 4 giga per bulan tanpa dikenakan biaya apapun. Terima kasih dapurhosting. Blog saya akhirnya baru bisa dibuka sekitar pukul 20.00 WIB, tapi sepertinya sedikit lebih lambat dari biasanya. Entah karena koneksi starone saat itu agak lambat atau ada faktor lain, saya tidak tahu.

Maaf kepada teman-teman yang saat itu mampir di blog saya dengan ketidaknyamanan ini. Saya berharap di kemudian hari tidak terjadi lagi masalah seperti ini terhadap blog saya. Atau barangkali perlu menambahkan plugin penghemat bandwidt agar bandwidth tidak cepat habis dan loading menjadi lebih cepat. Dan untuk dapurhosting, terima kasih banyak atas pelayanannya.

Komentar

56 Comments