Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Seminar Nasional & Ubaya IT-Festival

IT-Fest 2008Universitas Surabaya (UBAYA) kemarin mengadakan Seminar Nasional 2008 dan Dialog Publik Lintas Generasi dengan tema “Kebangkitan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional” yang dibuka untuk kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum. Acara ini digelar dalam rangka pencanangan Ubaya sebagai i-campus, sekaligus peringatan hari jadi Ubaya yang genap 40 tahun. Seminar yang diadakan tanggal 31 Mei 2008 itu dihadiri sekitar 150 peserta, terdiri dari berbagai kalangan masyarakat mulai pelajar, mahasiswa, dosen, dan praktisi komputer. Saya hadir mendampingi siswi saya yang mengikuti IT-FEST, dan kebetulan pengumuman pemenang sekaligus penyerahan hadiah dilaksanakan pada saat seminar itu.

Sebagai pembicara dalam seminar itu antara lain :
1. Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia.
2. Rinaldi Firmansyah, CFA, Direktur Utama PT. Telkom.
3. Dr. Eko Indrajit, pakar Teknologi Informasi.

Hadir pula dalam seminar itu Rektor Ubaya, Prof. Wibisono Hardjopranoto. Sayangnya Bapak Rinaldi berhalangan hadir sehingga diwakili oleh Wakil Direktur PT. Telkom. Seminar ini diawali tentang implementasi kebangkitan nasional sebagai wujud kebangkitan IT di Indonesia.

Dalam hal ini Ubaya telah mengalami perkembangan pesat sebagai integrated campus. Ubaya mengintegrasikan tiga kampus yang dimilikinya, kampus pertama yang berlokasi di Jl. Ngagel Jaya Selatan 169 Surabaya, kampus kedua yang berlokasi di Jl. Raya Kalirungkut Surabaya, dan kampus yang ketiga yang terletak di Trawas Mojokerto, sebagai kesatuan yang utuh. Di samping itu, Ubaya berkomitmen untuk mengantarkan teknologi informasi untuk komunikasi, untuk melakukan trik dan manipulasi, dalam pengajaran misalnya, Ubaya memanfaatkan internet sebagai i-learning yang dapat dimanfaatkan sebagai media pendukung untuk berkomunikasi baik dalam memberikan hasil kuliah, konsultasi antar civitas akademika dan berbagai aktivitas lainnya.

Menurut Djefry Tjandra Kusuma, salah satu pakar IT, pada tahun 2030 nanti masyarakat di Indonesia mungkin tidak lagi memerlukan kartu identitas (KTP, SIM, dan sebagainya). Hal ini dapat terjadi dengan adanya teknologi RFID (Radio Frequency Identification), dimana salah satu teknologi pengimplementasiannya adalah dengan menggunakan VeriChip. VeriChip adalah sebuah chip identifikasi yang dapat ditanamkan pada tubuh manusia, sehingga dengan chip ini setiap orang dapat langsung diidentifikasi identitasnya.

PENGUMUMAN LOMBA & PENYERAHAN HADIAH

Seminar yang bertempat di Atrium City of Tomorrow ini digelar sebagai rangkaian IT-Fest yang dilaksanakan pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 2008. Kategori yang dilombakan antara lain :

1. Lomba Digital Poster Tingkat Nasional
2. Lomba Animasi 2D Tingkat Nasional
2. Lomba Mengarang Essay Tingkat Nasional
3. Lomba Pembuatan Film Pendek Tingkat Nasional

ubaya006.jpgubaya005.jpgubaya004.jpg
ubaya003.jpgubaya002.jpgubaya001.jpg

Kebetulan salah satu siswa saya yang bernama Balladona Inno Centia, siswi kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya berhasil meraih juara 1 kategori Lomba Mengarang Essay setelah mengungguli peserta lain dari kota Malang, Garut, Jogja, dan Surabaya sendiri di final sehari sebelumnya. Penyerahan piala dilakukan oleh Menkominfo, Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA. Bangga dan haru saat itu bisa mengantarkan siswinya meraih juara.

Komentar

48 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.