Jul 05
Facebook
Twitter
Digg
Stumbleupon
Technorati
Delicious

Pentingnya Memiliki Tabungan Keluarga

Kategori : Investasi | Dibaca : 2,733 kali

tabunganSaat Anda memutuskan untuk menikah dan berkeluarga, Anda harus mampu membuat perencanaan keuangan dan mengelola pendapatan. Tak hanya mengatur pos pengeluaran, namun juga harus mampu mengelola pos pendapatan misalnya dengan memiliki tabungan keluarga. Menabung tak hanya baik sebagai bahan pembelajaran bagi anak-anak, namun memiliki tabungan keluarga pun memberikan banyak manfaat pada keluarga itu sendiri.

Apa Saja Manfaat Memiliki Tabungan Keluarga?

  1. Kehilangan Sumber Pendapatan

Saat kita bekerja di sebuah perusahaan atau memiliki bisnis sendiri, maka pikirkan juga kemungkinan terburuk yang akan terjadi misalnya kita di PHK atau bisnis mengalami kebangkrutan, atau mungkin kita sakit sampai meninggal sehingga keluarga kita kehilangan sumber pendapatan. Untuk itulah penting sekali memiliki tabungan keluarga sebagai dana darurat atau modal usaha bila sesuatu yang buruk terjadi dengan Anda.

  1. Kesehatan Keluarga

Penyakit kadang datang tanpa dapat kita hindari. Saat ada anggota keluarga Anda sakit maka akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk biaya penyembuhan tersebut. Walaupun Anda sudah terdaftar di asuransi kesehatan namun dana tambahan untuk masa penyembuhan tersebut biasanya masih sangat diperlukan. Untuk itulah penting sekali memiliki tabungan keluarga.

  1. Pendidikan Anak

Biaya pendidikan yang semakin mahal setiap tahunnya menuntut kita untuk menyiapkan dana ekstra dengan memiliki tabungan keluarga bila ingin menyekolahkan anak kita ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

  1. Investasi

Memiliki tabungan keluarga juga dapat digunakan sebagai modal investasi seperti dengan membeli properti atau emas. Penting sekali memiliki investasi jangka panjang agar Anda memperoleh keuntungan di masa depan.

  1. Pensiun

Memiliki tabungan keluarga pun sangat baik untuk menyiapkan masa tua saat Anda pensiun sehingga Anda masih dapat hidup layak tanpa harus merepotkan anak atau keluarga.

Bagaimana Cara Memilih Tabungan Keluarga Yang Tepat?

Idealnya, besarnya uang yang ditabung adalah 30% dari total pendapatan. Memang tidak mudah, tetapi dengan perencanaan keuangan yang baik, memiliki tabungan keluarga yang ideal sangat mungkin sekali.

Menabung di bank menjadi pilihan karena menabung di rumah tidak aman, baik karena risiko pencurian juga karena risiko tergunakannya uang tersebut untuk kebutuhan konsumtif. Namun banyaknya produk tabungan keluarga yang ditawarkan oleh bank seringkali membuat kita bingung dalam memilihnya. Tentunya harapan kita adalah mendapatkan bunga sebesar mungkin dengan biaya administrasi serendah mungkin. Jangan sampai dana tabungan keluarga Anda (karena saldo yang minim) malah habis untuk membayar biaya administrasi. Untungnya sekarang ada cermati.com yang memberikan informasi produk tabungan yang ada di Indonesia meliputi setoran awal, tingkat bunga, biaya administrasi, program bonus, dan fasilitas lainnya seperti program bonus, dan lain-lain.

Cermati.com akan membantu Anda mencarikan produk tabungan keluarga yang sesuai dengan kemampuan menabung Anda setiap bulannya. Cermati.com juga melayani pengajuan kredit tanpa agunan. Jadi tunggu apa lagi, silahkan kunjungi cermati.com untuk informasi produk keuangan yang up to date tanpa harus ribet mengunjungi tiap bank/lembaga perbankan.


Tentang Penulis :

Edi Psw

Seorang blogger biasa yang selalu memiliki rasa ingin tahu, suka berbagi, selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik, bagi dirinya maupun bagi orang lain. Profil selengkapnya »

Jadikan teman di sini :

Bagikan:

Jika suka dengan artikel ini, silakan di-share:

Facebook Twitter Stumbleupon Technorati Delicious

Berlangganan:

Jika ingin mendapatkan update artikel terbaru, masukkan alamat email Anda di sini:

Delivered by FeedBurner

2 komentar pada “Pentingnya Memiliki Tabungan Keluarga”.

  1. Tempat Wisata
    #1

    iya sangat betul mau nggak mau kita harus mulai mnyisihkan sebagian uang untuk keluarga. sangat suka dengan artikel seperti ini terima kasih pak edi.
    salam sukses

    Edi Psw menanggapi :
    Iya, harus dipaksakan dan dibiasakan untuk menyisihkan pendapatan untuk ditabung. Kalau tidak, selamanya nggak akan punya tabungan. Soalnya banyaknya pengeluaran itu bergantung kepada banyaknya pendapatan. Gaji 1jt sebulan habis, gaji 5jt pun sebulan jg bisa habis
  2. Rani Greatblogid
    #2

    Saya mulai membiasakan diri dengan menabung di depan, bukan lagi menabung sisa.

    Memang awalnya agak sulit. Tapi kalau sudah terbiasa jadi mudah.

Form Komentar :

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>