Sep 14
Facebook
Twitter
Digg
Stumbleupon
Technorati
Delicious

Qurban di Perum Graha Kencana Pakal Surabaya

Kategori : Islami | Dibaca : 544 kali

Qurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan terutama bagi umat islam yang mampu. Hewan yang bisa dijadikan qurban antara lain kambing, sapi atau kerbau dan unta. Satu ekor kambing bisa diatasnamakan satu orang dan keluarganya. Satu ekor sapi bisa untuk tujuh orang, dan satu ekor unta bisa untuk sepuluh orang.

Di Perum Graha Kencana Pakal, kegiatan penyembelihan qurban seperti ini sudah menjadi agenda rutin tahunan. Untuk tahun ini, akan disembelih 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Semuanya berasal dari kontribusi warga sendiri. Mereka biasanya membeli hewan qurban dengan cara menabung tiap bulan selama setahun. Setelah genap setahun maka uangnya dibelikan kambing. Bisa juga dengan cara urunan tujuh orang untuk membeli satu ekor sapi.

Sejak pagi, beberapa ekor hewan qurban tampak terikat di depan musholla An Nur. Anak-anak tampak berkerumum menunggu penyembelihan qurban ini. Panitia pun nampaknya udah menyiapkan segalanya. Hewan qurban yang akan disembelih hendaknya disiram terlebih dahulu agar bersih dari kotoran sehingga waktu dagingnya dipotong-potong tidak bercampur dengan kotoran. Dan dengan diiringi gema takbir, penyembelihan qurban pun dimulai.

Panitia dibagi menjadi enam kelompok. Masing-masing kelompok mendapat tugas menyembelih satu ekor hewan qurban. Tiga ekor kambing pun dengan cepat disembelih satu persatu. Kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan 3 ekor sapi.


Tentang Penulis :

Edi Psw

Seorang blogger biasa yang selalu memiliki rasa ingin tahu, suka berbagi, selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik, bagi dirinya maupun bagi orang lain. Profil selengkapnya »

Jadikan teman di sini :

Bagikan:

Jika suka dengan artikel ini, silakan di-share:

Facebook Twitter Stumbleupon Technorati Delicious

Berlangganan:

Jika ingin mendapatkan update artikel terbaru, masukkan alamat email Anda di sini:

Delivered by FeedBurner

Belum ada komentar pada “Qurban di Perum Graha Kencana Pakal Surabaya”.

Form Komentar :

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>