Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Mencoblos Pilkada Jatim di TPS 05

Hari ini, Rabu (23/7), sebagian masyarakat Jawa Timur berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melakukan pemungutan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur (Jatim).

Kebetulan saya mendapat bagian untuk mencoblos di TPS 05, Kelurahan Perak Timur, Pabean Cantian, Surabaya.

Pemungutan suara di TPS 05 dimulai sejak pukul 07.00 WIB, meskipun sebenarnya panitia sudah siap sejak pukul 06.00 WIB. Beberapa kali saya tengok dari depan rumah, kelihatannya masih sepi-sepi saja. Saya melihat beberapa panitia sedang duduk-duduk sambil menunggu warga yang datang. Malahan ada beberapa anak kecil yang lebih aktif bermain di dekat lokasi TPS tersebut.

Menjelang siang nampaknya warga sudah mulai banyak yang datang. Meraka berbondong-bondong datang ke TPS 05 sambil membawa kartu pemilih dan surat pemberitahuan pemungutan suara. Setelah melakukan pendaftaran, satu per satu mereka masuk bilik untuk menggunakan hak pilihnya untuk memilih.

Saya bersama istri datang ke TPS 05 sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu suasana di TPS 05 sudah kembali sepi lagi. Setelah mengambil surat suara, saya masuk bilik untuk menggunakan hak pilih saya. Saya buka seluruh lipatan-lipatan surat suara itu hingga kelihatan semua. Dengan hati mantap, saya tusuk salah satu gambar pasangan calon Gubernur Jawa Timur itu menggunakan jarum yang sudah disediakan. Mak jusss….!

Saat memasukkan surat suara

Keterangan Foto :

  1. Saya saat memasukkan surat suara ke dalam kotak suara
  2. Tinta yang ada di jari kelingking kiri menunjukkan bahwa saya telah menggunakkan hak pilih.

Saya lipat kembali surat suara tersebut seperti semula, kemudian saya masukkan ke kotak suara yang sedang dijaga oleh petugas keamanan. Selanjutnya, saya celupkan jari kelingking kiri saya ke kotak tinta sebagai tanda bahwa saya sudah memberikan suara.

Sudah lega rasanya telah menggunakan hak pilih saya. Saya dan istri kembali pulang untuk menunggu hasil penghitungan suara.

Pukul 13.00 WIB pemungutan suara ditutup, dilanjutkan dengan penghitungan suara setengah jam kemudian. Dengan disaksikan oleh para saksi, panitia mulai melakukan proses penghitungan suara dengan serius.

Hasil selengkapnya penghitungan suara di TPS 05 Perak Timur, Pabean Cantian Surabaya, adalah sebagai berikut :

  • Khofifah / Mudjiono : 100 suara
  • Sutjipto / Ridwan H : 75 suara
  • Soenarjo / Ali Maschan : 8 suara
  • Achmady / Soehartono : 15 suara
  • Soekarwo / Syaifullah Yusuf : 25 suara
  • Tidak sah : 18 suara

Diduga, dalam Pilkada Jatim tahun ini, banyak warga yang tidak memberikan suaranya alias golput. Disamping mereka banyak yang tidak mengenal sosok calon Gubernur Jatim ini, mereka sudah enggan untuk memilih karena sudah sering ditipu oleh para pemimpin kita. Apalagi mereka punya pendapat bahwa siapapun yang terpilih tidak akan bisa merubah jalan hidup mereka.

Komentar

53 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.