Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Seminar Nasional Open Source di PENS ITS

Seminar Linux Invasion

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS kemarin mengadakan Seminar Nasional Open Source yang dibuka untuk kalangan mahasiswa dan umum. Seminar yang diadakan tanggal 29 Maret 2008 itu dihadiri oleh sekitar 50 peserta dan kebetulan saya menjadi salah satu pesertanya.

Pembicara yang hadir sebagai narasumber dalam seminar itu antara lain :

  1. Bapak Rusmanto, Ketua YPLI (Yayasan Penggerak Linux Indonesia) Jakarta. Beliau juga menjabat sebagai Pemimpin Redaksi majalah INFO LINUX.
  2. Bapak Yusuf, Bidang Pengembangan Pendidikan, Dinas Pendidikan Nasional Surabaya.
  3. Bapak Anas Fauzi, Divisi Pendidikan Dasar, KLAS (Komunitas Linux Arek Suroboyo).

Seminar ini diawali tentang pembahasan kurikulum pendidikan yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia bahwa Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum sebagai penyempurnaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang dikeluarkan pada tahun 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sendiri merupakan salah satu mata pelajaran baru di awal tahun 2000-an. Dalam KTSP, mata pelajaran TIK tidak lagi disebutkan nama produk perangkat lunak tertentu seperti pada kurikulum beberapa tahun sebelumnya. Sebagai contoh, pelajaran pengolah kata tidak menyebutkan Microsoft Word sebagai software yang digunakan di sekolah, sehingga penyelenggara sekolah bisa menggunakan OpenOffice Writer, AbiWord, Kword, dan lain-lain. Ironisnya, masih banyak sekolah-sekolah yang menggunakan software bajakan, padahal dalam salah satu materi pokok pelajaran TIK terdapat materi etika dalam menggunakan teknologi informasi dan UU Hak Cipta. Dengan demikian, penggunaan software open source ini bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan di atas.

Prof. Ir. Mohammad Nuh DEASeminar yang bertemakan “Linux Invasion” ini juga dihadiri oleh Bapak Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yaitu Bapak Prof. Ir. Mohammad Nuh DEA. Beliau yang pernah menjabat sebagai Rektor ITS ini hadir untuk sosialisasi Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE). Seluruh peserta termasuk saya begitu antusias dan bangga bisa bertatapmuka dengan beliau.

Di bagian akhir, peserta mendapatkan bingkisan menarik dari beberapa sponsor yang mendukung acara ini antara lain majalah Info Linux, DVD Ubuntu 7.10, buku Pengenalan Internet dari Telkom, dan sertifikat dari panitia.

Komentar

29 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.