Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Masalah Ubuntu 7.10 pada Acer Aspire 3683 NWXCi

Walaupun saya sudah lama mencanangkan diri untuk migrasi dari sistem operasi berbayar “Microsoft Windows” ke sistem operasi open source “Linux”, namun sangat disayangkan bahwa sampai saat ini nampaknya saya masih belum bisa meninggalkan Windows. Apa sebabnya? Banyak faktor yang mempengaruhi, terutama dari segi hardware dan software. Ada beberapa software pada Windows yang masih saya perlukan yang tidak terdapat pada Ubuntu. Dan sebaliknya, ada beberapa hardware yang tidak terdeteksi dan belum bisa difungsikan pada Acer Aspire 3683 NWXCi. Solusinya, saya install dua sistem operasi pada laptop saya, yaitu Windows dan Ubuntu.

Beberapa software yang masih saya butuhkan yang tidak terdapat pada Ubuntu antara lain :

a. Macromedia Flash

Aplikasi ini masih sangat saya butuhkan, terutama untuk membuat animasi, software pembelajaran interaktif, games dan beberapa animasi yang lain. Pada Ubuntu, saya masih belum menemukan aplikasi semacam ini.

b. Adobe Photoshop

Aplikasi ini hampir selalu saya gunakan setiap kali membuat postingan di blog. Fungsinya untuk mengedit atau mengolah foto yang akan ditampilkan di blog. Pada Ubuntu sebenarnya ada aplikasi serupa namanya GIMP Image Editor, hanya saja kadang-kadang saya masih bingung menggunakannya karena belum terbiasa.

c. CorelDRAW

Aplikasi ini digunakan untuk membuat logo. Hanya kadang-kadang saja saya membutuhkan aplikasi ini. Pada Ubuntu sudah ada penggantinya yaitu Open Office Drawing.

d. Beberapa Edu Games

Aplikasi ini sebenarnya untuk anak saya yang berumur 5 tahun. Dia sangat suka terhadap software permainan Edu Games ini. Pada Ubuntu saya masih belum menemukan permainan sejenis.

Disamping faktor software, ada pula beberapa hardware yang belum berfungsi pada Ubuntu 7.10 antara lain :

a. Sound

Pada saat diinstall hardware sound tidak terdeteksi sehingga tidak dapat difungsikan. Harus dicari melalui beberapa proses agar sound bisa difungsikan seperti halnya pada Windows.

b. Wifi

Wifi juga tidak berfungsi pada saat Ubuntu diinstall. Jika pergi ke hotspot gratisan terpaksa harus menggunakan Windows. Sudah dicoba menggunakan ndiswrapper, dan berhasil muncul sinyal wifi-nya tapi kenyataannya belum bisa digunakan untuk browsing.

c. Bluetooth

Bluetooth tidak berfungsi sama sekali, padahal ini yang saya butuhkan untuk internetan di rumah. Jadi terpaksa harus menggunakan Windows untuk internetan di rumah menggunakan bluetooth.

Semua masalah Ubuntu 7.10 pada Acer Aspire 3683 NWXCi ini masih saya cari solusinya, dan sampai saat ini baru sound-nya saja yang sudah berfungsi. Rencananya solusi-solusi untuk Ubuntu 7.10 pada Acer Aspire 3683 NWXCi ini akan saya muat pada postingan terpisah. Atau mungkin ada yang bisa menambahkan?

Komentar

40 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.