Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

PDAM Alih Fungsi

Air merupakan sumber kehidupan. Air merupakan kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Pohon tidak bisa tumbuh tanpa air, binatang juga tidak bisa hidup tanpa adanya air, apalagi manusia yang ditunjuk sebagai khalifah di dunia ini. Air mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan.

Kebutuhan air di kota-kota besar mempunyai prosentase yang sangat tinggi karena penduduknya sangat padat. Kebutuhan air menjadi bagian utama dalam kehidupan sehari-hari. Karena itulah, peran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), yang menyuplai kebutuhan air di kota besar sangat dibutuhkan. Sehingga masyarakat kota besar tidak akan kesulitan untuk mendapatkan air bersih yang sehat untuk diminum maupun untuk keperluan sehari-hari.

Polling yang saya lakukan terhadap 100 responden, memberikan hasil sebagai berikut :

[poll id=”6″]

Hanya 17% responden yang masih menggunakan air PDAM sebagai sumber air minum. Selebihnya menggunakan air PDAM untuk mandi, mencuci dan untuk kebutuhan lainnya. Dari hasil polling di atas, nampaknya peran PDAM sebagai penyuplai air bersih dalam suatu daerah telah beralih fungsi, tidak lagi sebagai Perusahaan Daerah Air Minum tetapi sudah menjadi Perusahaan Daerah Air Minum Mandi.

Masyarakat tidak menjadikan air PDAM sebagai air minum, bukannya tanpa alasan. Keruhnya air PDAM akhir-akhir ini mungkin menjadi salah satu penyebabnya. Ditambah lagi dengan munculnya depo air isi ulang di berbagai daerah, membuat nasib PDAM semakin terpuruk.

Keterangan foto :
Salah satu lokasi Depo Air Isi Ulang di wilayah Tambak Gringsing Surabaya

Kemudahan dan kemurahan yang ditawarkan oleh Depo Air Isi Ulang membuat masyarakat mulai memilih cara ini untuk mencukupi kebutuhan air minum mereka. Hanya dengan uang 3.000 rupiah saja, masyarakat sudah bisa mendapatkan air minum satu galon penuh yang siap untuk diminum.

Komentar

Tags:
82 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.