Sep 21
Facebook
Twitter
Digg
Stumbleupon
Technorati
Delicious

Software Edu-Games Bervirus

Kategori : Opini | Dibaca : 62,609 kali

Pada tanggal 18 Agustus lalu saya pergi ke Toko Buku Gramedia di Tunjungan Plasa Surabaya. Tujuan saya hanyalah sekedar ingin melihat-lihat perkembangan buku komputer yang sedang beredar. Karena profesi saya seorang guru IT yang mau tidak mau dituntut untuk mengetahui perkembangan IT. Beberapa saat lamanya saya membuka-buka buku sekedar tahu isinya. Terutama buku yang berhubungan dengan animasi dan internet. Setelah merasa lelah barulah saya memutuskan untuk pulang.

Saya berjalan menuju pintu keluar toko buku Gramedia sambil melihat barang-barang  yang dipajang berjajar disana. Saat itu saya tertarik dengan Software Edu-Games yang sedang dimainkan oleh anak berusia sekitar 4 atau 5 tahunan. Dengan ditemani ibunya, anak itu asyik mengikuti permainan yang ada di komputer tersebut. Akhirnya saya minta penjelasan tentang software itu kepada mbak yang sedang bertugas menjaga stan. Setelah melihat brosurnya, saya tertarik untuk membeli salah satu software yang ada disana. Saya memilih software dengan judul Taman Impian Kanak-Kanak yang diperuntukan bagi anak berusia 4-6 tahun.  Cocok sekali untuk anak seusia anak saya. Dengan membayar Rp 98.000,- saya bisa mendapatkan software tersebut.

Sesampainya dirumah saya tidak langsung membuka Edu-Games tersebut dikarenakan kesibukan saya. Baru kira-kira tiga hari kemudian, pada saat agak longgar barulah saya buka software tersebut. Pertama-tama saya membuka bungkus plastiknya kemudian saya baca buku panduannya.  Setelah paham barulah saya ikuti instruksi yang diberikan di dalam buku tersebut. Saya buka laptop saya,  saya ambil CD-nya kemudian saya masukkan CD tersebut kedalam CDROM. Saya tunggu beberapa saat, tiba-tiba muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini.


Program antivirus yang ada di laptop saya langsung mendeteksi adanya virus masuk. Saya catat informasi yang ditampilkan di layar itu. Dari informasi itu dapat diidentifikasi bahwa file yang terinfeksi adalah LOGCOMD.EXE berada di C:\WINDOWS\System32. Sedangkan virus yang menginfeksi adalah Trojan horse VB.ACC. Tanpa pikir panjang langsung saya klik Heal untuk membersihkan virus itu. Dan akhirnya tanpa kesulitan virus tersebut berhasil dibersihkan.


Namun, saya masih penasaran dengan yang saya alami ini. Apakah memang software tersebut terinfeksi virus ataukan mungkin laptop saya yang sudah terkena virus? Tapi, rasanya tidak mungkin. Karena mungkin saya ini termasuk orang yang anti terhadap virus. Saking antinya, saya memberlakukan perlindungan berlapis terhadap laptop saya dari serangan virus. System yang berada di C:, saya bekukan dengan salah satu software utility sehingga virus apapun bentuknya yang mencoba merubah registry dan merusak file sistem tidak bisa berbuat banyak karena begitu di restart laptop akan fresh seperti semula. Disamping itu di laptop saya sudah terinstal AVG Anti virus yang selalu saya update setiap seminggu sekali. Jadi rasanya tidak mungkin di dalam laptop saya ada virusnya.

Saya coba merestart laptop saya. Saya coba cari file LOGCOMD.EXE di lokasi yang telah disebutkan tadi. Ternyata tidak ada. Saya coba cari di CD Edu-Games juga tidak ada. Saya keluarkan lagi CD-nya, kemudian saya masukkan lagi CD yang sudah diprogram autorun itu. Ternyata muncul kotak dialog yang sama seperti tadi. Mengetahui hal ini, saya semakin yakin bahwa software Edu-Games memang sudah terinfeksi virus. Saya merasa agak kecewa begitu mengetahui ada virus di dalam software tersebut.  Saya berniat untuk menukarkan CD itu dengan CD yang bersih dari virus.  Tapi saat itu saya tidak punya banyak waktu karena jadwal di sekolah yang padat membuat saya harus menunda rencana itu.

Barulah pada tanggal 25 Agustus saya mempunyai banyak waktu kosong. Ini merupakan kesempatan baik saya pergi ke Gramedia untuk menukar CD. Akhirnya saya berangkat juga. Sampai di sana saya ditemui oleh mbak yang menjaga stan. Saya katakan kalau software Edu-Games ini ada virusnya dan saya ingin menukarkannya. Software saya serahkan kepada mbak penjaga stan itu. Dia buka kemudian CD-nya dia masukkan kedalam CDROM komputernya. “Bisa gitu, nggak mungkin ini ada virusnya!!”, kata mbak yang menjaga stan itu. Mendengar jawaban mbak seperti itu, saya merasa tidak puas. Saya coba lihat program yang ada di komputer itu. Ternyata di dalam komputer itu tidak diinstal antivirus sama sekali. Pantas saja virus yang masuk tidak dikenali. Akhirnya untuk meyakinkan, di depannya saya buka laptop saya kemudian saya masukkan CD software tersebut ke dalam CDROM. Kontan saja muncul kotak dialog yang ditampilkan oleh AVG. Saya tunjukkan itu kepada mbak penjaga stan. Anehnya, walaupun sudah ada bukti nyata, namun ternyata mbak itu malah berkilah. “Tadi di sini kan nggak apa-apa. Mungkin saja virusnya itu sudah ada di laptop Bapak”, jawabnya mengelak, menandakan ketidaktahuannya tentang IT. Hampir saja saya katakan, “Mbak, saya ini guru IT. Sedikit banyak saya tahu virus dan cara memberantasnya.” Namun saya urungkan karena saya tidak mau berdebat. Dijelaskan bagaimanapun juga dia tidak akan mengerti karena dia bukan orang IT. Dia hanya seorang operator yang hanya bisa membuka dan menutup program saja. Tidak lebih dari itu. Tanpa pikir panjang, saya langsung minta CD-nya ditukar. Akhirnya dengan hati agak kecewa, saya pulang membawa CD baru itu.

Sampai di rumah saya coba lagi. Ternyata hasilnya sama, CD yang baru saja saya bawa tadi juga terinfeksi virus. Bagi saya sendiri sebenarnya tidak menjadi masalah, toh virus yang ada di software itu mudah dibersihkan. Tapi bagaimana dengan orang lain yang membeli software ini yang tidak mempunyai latar belakang IT dan ingin anaknya pintar? Bagaimana kalau sampai program didalam komputernya rusak karena virus ini. Bagaimanapun juga virus adalah penyakit. Sebisa mungkin penyakit harus diberantas.

Dari pengalaman saya ini, saya memberi kesimpulan bahwa :

  1. Software Edu-Games bervirus, karena pada saat dimasukkan ke dalam CDROM langsung terdeteksi oleh antivirus.
  2. Santo Ciang sebagai Lead Programmer kurang teliti dalam pekerjaannya sehingga software yang dibuatnya bervirus.
  3. Maximize Production ceroboh dan merugikan konsumen karena memproduksi software bervirus.
  4. PT. Era Mitra Informa sebagai distributor kecolongan seakan-akan tidak tahu mana software yang bebas virus dan mana software yang bervirus.

    Spesifikasi laptop yang saya gunakan sebagai berikut  :

    1. Acer Aspire 3683NWXCi.
    2. RAM 512 MB.
    3. HDD 80 GB.
    4. Windows XP Proffesional SP2.
    5. Antivirus AVG 7.5 update tgl 16 Agustus 2007

      Saya berharap pihak-pihak yang terkait tidak tinggal diam dalam kasus ini dan mau mencoba untuk memperbaiki diri. Bagaimanapun juga tidak hanya keuntungan saja yang perlu diraih, namun kepuasan konsumen juga harus lebih diutamakan.


      Tentang Penulis :

      Edi Psw

      Seorang blogger biasa yang selalu memiliki rasa ingin tahu, suka berbagi, selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik, bagi dirinya maupun bagi orang lain. Profil selengkapnya »

      Jadikan teman di sini :

      Bagikan:

      Jika suka dengan artikel ini, silakan di-share:

      Facebook Twitter Stumbleupon Technorati Delicious

      Berlangganan:

      Jika ingin mendapatkan update artikel terbaru, masukkan alamat email Anda di sini:

      Delivered by FeedBurner

      One Trackback/Ping

      67 komentar pada “Software Edu-Games Bervirus”.

      1. Anas
        #1

        Makasih pak atas pengalaman sekaligus pelajaran yang berharga tersebut….

        Saya hanya kebetulan aja Nas, mengalami hal ini. Makasih juga atas komennya.

      2. Pram rah M
        #2

        Saya juga waktu smp gitu pak. pas cd nya tak masukin ok2 aja. tapi pas besoknya, ternyata data2 saya uda hilang. gara2 game yang lakonnya bulat2 itu.

        Komputernya diinstall AVG aja. Sudah saya buktikan bisa menghapus virus dari software tersebut. Apalagi kalo AVG-nya diupdate tiap minggu, wah… tambah mantap!

      3. godote
        #3

        wah saya sudah googling, cuman nemu satu disini.
        iya nih mas saya juga beli cd edu games bobby bola di rumah ajaib.
        saya sudah curiga, soalnya setelah install games tsb, pc saya selalu logoff sendiri.
        huhu.. kalau tak tulis panjang deh mas. jd sebel nih

        Kasih aja AVG mas, biar virusnya nanti langsung dibersihkan sehingga tidak sempat merusak sistem.

      4. Ronny La Ode Aksah
        #4

        Wah, kalau gitu sama dong… saya juga baru menyadari kalau cd tersebut bervirus karena muncul laporan problem load logcomd.exe dari winXP saya setelah saya berhasil update antivirus.

        Saya beli cd edu games ini juga dari gramedia seharga Rp98.000,- sekitar bulan Juni 2007

        Kalau misalnya logcoomd.exe ini saya hilangkan dari registry, apakah edu games ini masih bisa saya mainkan?

        Begitu saya klik Heal, file logcomd.exe langsung dihapus oleh AVG dan registry dibersihkan.

        Setelah saya jalankan lagi, ternyata tidak mempengaruhi software edugames.

        Tapi…
        Yang namanya virus, saya tetap kecewa mas.

      5. Dapid Candra
        #5

        Pak Edi benar sekali…

        Ternyata memang logcomd.exe ini memang bersumber dari CD Edu Games (Punya saya yang Negeri di Awan).

        Sayang sekali memang Maximize Production tidak cermat meneliti kualitas produknya. Apakah mereka sudah menyadarinya?

        Saya sudah coba hapus logcomd.exe dari registry, edu games masih bisa jalan. Kelihatannya memang hanya numpang lewat saja.

        Saya juga heran kenapa produser software sebesar Maximize Production tidak menyadarinya. Bisa jadi komputer yang digunakan untuk membuat software tersebut sudah terinfeksi virus. Sehingga virus yang sudah aktif di memory itu langsung menyerang file yang dibuatnya. Kalau memang begitu, berarti semua software edugames yang terdiri dari beberapa seri itu kena virus semua.

        Saya masih belum mengirim email ke Maximize Production karena keterbatasan waktu.

      6. shei
        #6

        Wah……
        Kasian banget ya pak!
        kalo sya mungkin lapor ke pengadilan hehe…apalagi belinya mahal…
        HUh….
        berarti kita emang ditakdirkan untuk hanya membeli buku ya kalo ke Gramed…
        hehehe

        Seharusnya Maximize Production-lah yang harus lebih hati-hati. Harus ada proses untuk meneliti kualitas produknya. Yang lolos baru bisa dijual.

      7. Joe
        #7

        Confirm pak. saya juga mengalamai hal yang sama seteleh menginstall Edu Games.

      8. fani
        #8

        Saya sudah kirim e-mail ke edu games. Tapi belum ada tanggapan tuh

      9. fani
        #9

        Saya baru terima e-mail balasan dari edu games.

        Menurut penjelasan mereka, software edu games tidak bervirus. Kesalahan ada pada antivirus signature-nya. Silahkan diupdate antivirusnya atau coba antivirus yang lain.

        Berikut email lengkap dari mereka:

        Sebelumnya kami ucapkan terima kasih karena telah menggunakan produk Edu-Games dan terima kasih juga atas masukan yang telah diberikan.

        Perlu kami pastikan kepada anda, bahwa produk Edu-Games sebenarnya tidak mengandung virus. Yang terjadi adalah software antivirus tersebut salah
        deteksi, sehingga [...]

        Tanggapan dari Edi Psw :
        Tgl 25 Okt lalu saya sudah mengirim email ke Maximize Production tentang adanya virus ini, kemudian di reply tgl 26 Okt yg isinya hampir sama dg reply dari Maximize Production ke email Mbak Fani. Yang berbeda hanyalah nama pengirim email. Yang mengirim di email saya tertanda Fenny Halim sebagai Marketing Manager. Maaf, tadi komennya saya potong karena terlalu panjang.

        Sebenarnya saya ingin menulis posting lagi tentang tanggapan dari Miximize Production ini. Cuman keterbatasan waktu sehingga sampai saat ini belum sempat nulis.
        Terima kasih atas infonya.

      10. Wawan Suryadi
        #10

        mohon sebelum melangkah lebih jauh saling kroscek baik dari produsen nya maupun konsumennya. segera informasi balik dan dikomunikan supaya dapat solusinya ….nda murah lho 98.000 kurang 2.000 sudah jadi 6 digit…
        Tks

        Tanggapan Edi Psw :
        Saya inginnya juga begitu, Mas. Semoga dapat dicari solusinya. Tapi, katanya pihak Maximize Production sudah mengirimkan programnya kepada produsen AVG Antivirus agar diperbaiki virus signaturenya.
        Kita tunggu saja update-an Antivirusnya.

      11. Ajeng
        #11

        iya saya salah satunya pengguna edu game ..dikomputer saya jadi ada virusnya gitu lho. Mohon dapat diganti cd yang tidak bervirus. dan segera saya ke gramedia menukar . Boleh kan. ..?

        Terimakasih atas kebaikan produsen

        Saya sudah menukar CDnya ke Gramedia, tapi percuma Mbak. Tetap aja dideteksi bervirus oleh AVG.

      12. sassy
        #12

        aq mo nanya tentang software games yang terbaru saat ini

      13. Sam
        #13

        Dugaan saya, Edu games sengaja menyebarkan virus ini.
        Karena virus di atas adalah jenis spy ware.
        Mereka akan mendapatkan keuntungan dengan karena bisa memperoleh informasi rahasia dari komputer kita.
        Kalau mereka tidak ingin menyebarkan virus seharusnya CD nya diganti dengan yang tidak bervirus dong.

        Cara menhilangkan virus ini dengan cara manual:
        hapus file : logcomd.exe dan tscomd.exe dari directory windows\system32.
        gunakan regedit.exe search semua data yang mengandung dua nama virus ini.
        Buat folder di windows\system32 yang bernama logcomd.exe dan tscomd.exe, supaya virus ini tidak bisa diinstall di komputer kita.

      14. Edi Psw
        #14

        » Sassy :
        Kalau software games terbaru bisa dikunjungi di sini.

        » Sam :
        Makasih atas infonya, Mas. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang lain.

      15. Dian Gara
        #15

        Ini situs yang menyatakan kalau logcomd.exe dan tscomd.exe memang sejenis virus/malware.

        http://www.incodesolutions.com/threats/System32Rootlogcomdexe.php

        http://www.overclock.net/networking-security/141615-dial-up-yes-dial-up-problems-3.html

      16. Yos
        #16

        Aku juga ngalamin hal yg sama.
        Karena penasaran, aku minta tolong temen
        supaya ngeliat apa yang dilakukan oleh ke 2 file
        tersebut (winhost.exe dan logcomd.exe).
        Kesimpulan sementara untuk file winhost.exe, file
        ini merupakan bagian dari sistem proteksi Edu-Games
        agar CD nya tidak dapat dimainkan jika menggunakan
        aplikasi backup CD seperti Alcohol 120%, jadi
        harus menggunakan CD aslinya.
        Untuk file logcomd.exe masih diperiksa sama temen saya.

        Walaupun mungkin tidak berbahaya, apa yang dilakukan
        oleh Edu-Games ini tetap saja terasa tidak etis.
        Karena secara diam2 mengcopikan 2 file ke direktori
        sistem kita bahkan sebelum kita menginstall aplikasinya.

      17. deddy
        #17

        Ass….
        Mas saya punya laptop Acer Asoire 3683NWXCi, kmrn saya install ulang windowsnya, kebetulan cd drivernya hilang dan waktu saya install saya lupa back up drivernya…..
        dimana ya mas saya bisa download drivernya…..? soalnya kemaren saya udah coba download di situs acer tapi gak ada driver untuk seri itu……tolong ya mas
        makasih
        wassalam….!

      18. Edi Psw
        #18

        » deddy :
        Kebetulan laptop saya juga Acer Aspire 3683NWXCi. Kalau lokasi Mas Deddy ada di Surabaya, bisa menemui saya dan nanti saya backup-kan drivernya. Tapi kalau seandainya lokasi Mas Deddy ada di luar kota Surabaya, nanti driver-nya akan saya upload di blog, dan silakan di download sendiri.
        Terima kasih.

      19. Josef
        #19

        Komputer saya juga baru kena virus ini. Kenanya karena saya install cd kiki kelinci dari edu games juga. Padahal saya sudah uninstall programnya, ternyata file-nya ngga mau hilang.
        Benar2x mengganggu setiap start up pasti muncul.
        Terima kasih Pak Edi atas postingannya, jadi kita semua aware atas hal ini

      20. mirza.k
        #20

        maap bukannya mau nyepam
        tapi coba cek url blog gua dibawah ini

        http://my.blog.or.id/stories/diary/tahun/2008/bulan/05/tanggal/15-55.html

      21. tommy
        #21

        Dulu juga katanya pernah kejadian di antivirus mc Afie, dan setelah itu ada disuratin oleh maximize, kemudian dari mc Afie memberikan response berupa solusi update virus scan.datnya, ini kebetulan saya juga dapat kutipan suratnya :
        From: “Virus Research” Add to Address Book Add Mobile Alert
        To: “‘Susanto -’”
        Subject: RE: Escalation: 2078840 – McAfee Antivirus misdetect my program
        Date: Sun, 18 Dec 2005 21:38:25 -0800

        A.V.E.R.T. Sample Analysis
        Issue Number: 2078840
        Virus Research Analyst – Tokyo: S. Honjo
        Identified: FALSE DETECTION
        On File: eg_auto.exe
        Detection Name: W32/Generic.d virus
        Found on Dat: 4652

        AVERT Labs, Tokyo

        Thank you for submitting your suspicious file.
        Synopsis -
        Our Senior Virus Research Engineers have examined the file in question and no virus was found.

        Solution –
        Attached is an extra.dat with corrected detection. This correction will beincluded in the next DAT update.

        EXTRA.DAT
        This should be used with any of the McAfee AV Scanners. The file should be copied into the directory where the other DAT files reside.
        Using the find/search utility on your computer search for the following file:

        SCAN.DAT
        Then copy the Extra.dat we have sent you to the same folder where one of the above is located.
        Once you have copied the file, reboot the system for the driver to be loaded

        Support -
        Virus Research accepts file-samples for analysis and possible inclusion into AV signature DAT sets. We are also prepared to answer general virus questions.

        All product-related questions and comments can be addressed through technical support and customer service, including:

        * Product installation and update questions
        * Product usage questions
        * Specific operating system/version questions
        * Assistance with detection and cleaning or removal of viruses or trojans

        Please use the following links to reach our technical support group for McAfee products.

        Corporate Customers:
        Single User/Retail Customers:

      22. dani
        #22

        ini link untuk solusi Edu-Games yang terdeteksi sebagai virus di antivirus AVG, klik aja link ini untuk download updatenya :
        http://www.edu-games.com/activity/UpdateEG.exe..

      23. Agnes
        #23

        Sama pak, edugames Bobby bola keliling dunia seri 1 benua asia & Australia juga ada virus spt yg disebut diatas, membuat semua games yg dimainkan keponakan saya hang ditengah jalan.

      24. toni sma12
        #24

        bapak mungkin terlalu parno alias paranoid dgn yang namanya virus ….
        dari keterangan diatas yg dianggap virus oleh bapak sebenarnya trojan. dan trojan beda sama virus.
        AVG bisa mengganggap itu trojan dimungkinkan ada thread atau tingkah laku yang mempengaruhi sistem (menulis registry misalnya) atau program yg dijalankan di belakang layar / background service yg tidak umum. jd sebagai orang IT mestinya kita nggak usah ‘parno’ ama yg namanya virus… terlebih menyebabkan kepanikan ke orang lain … sekian trims.

      25. Edi Psw
        #25

        » Josef :
        Berarti sama dengan yang saya alami.

        » mirza.k :
        Langsung meluncur ke sana.

        » tommy :
        Tapi untuk antivirus AVG masih belum ada solusinya.

        » dani :
        Coba saya download dulu, makasih atas infonya.

        » Agnes :
        Kalau saya belum pernah mengalami hang seperti itu.

        » toni sma12 :
        Bagi saya sendiri sebenarnya tidak ada masalah dengan adanya trojan horse itu, toh bisa dibersihkan menggunakan AVG. Apalagi laptop saya sudah saya deepfreze, dan sistemnya sudah saya ghost. Jadi sama sekali tidak khawatir dengan adanya virus seganas apapun. Tapi bagi orang lain yang masih awam, tentunya pengetahuan tentang masalah ini menjadi sangat berarti.

      26. Nita
        #26

        Saya juga antivirus pake NOD versi terbaru. Nah kata penjual Bobi bola itu emang bukan virus. Tapi antivirus saya secara otomatis manghapusnya. Nah masalahnya begitu laptop dinyalakan selalu ada layar hitam yang mengganggu itu.Pertanyaan saya: Layar hitam itu apakah karena “virus”nya bobi bola atau karena file itu saya hapus? Karena yang tertulis adalah:

        C:\WINDOWS\system32\logcomd.exe probably unknown NewHeur_PE virus cleaned by deleting – quarantined NT AUTHORITY\SYSTEM Event occurred on a new file created by the application: F:\EG_Auto.EXE.

        Nah yang terhapus ini file dari Bobi bola atau file dari C (hardisk saya)? Mohon jawaban dari anda yang paham.. trims.

      27. KaiToU KiD
        #27

        thanx infona.

        #dani
        linkna broken

      28. rara
        #28

        sama kaya nita,,laptop saya juga begitu.
        gmna cara ngilangin kotak hitam itu?karna sangat amat ngeanggu tampilan laptop..
        thx

      29. Ano
        #29

        Kebetulan keponakan saya juga menyukai Bobby Bola dan memiliki beberapa judul, yang kemudian di Install di komputer saya dan komputer di rumah nya, namun belum pernah ada info mengenai virus/trojan tersebut. Padahal saya menggunakan Norton AV, dan komputer bapaknya menggunakan NOD32.

        Mengenai file logcomd.exe, sebagian besar informasi yang saya terima menunjukkan bahwa laporan file tersebut bervirus adalah hasil “Heuristic” alias “analisa prilaku”. Oleh karena itu ‘alert’ yang muncul diberi nama “NewHeur_PE” atau “VB.ACC” yang merupakan nama tebak-tebakan “Heuristic” tadi.

        Tapi memang “it is better to be safe than sorry”, lebih baik rada parno daripada kebobolan, apalagi aplikasinya hanya berupa game. :)

        Sekedar info saja, apabila suatu saat nanti diperoleh file yang ‘mencurigakan’ seperti logcomd.exe tersebut, coba kirimkan ke Virus Scanner Online, seperti di:
        http://www.virustotal.com/
        Disana, file yang dikirimkan akan di analisa menggunakan banyak AntiVirus yang ada, sehingga kita bisa melihat dan memutuskan apakah memang file tersebut bervirus atau apakah software AntiVirus kita yang memang parno.

      30. deco
        #30

        mohon info url untuk mendownload driver Acer Aspire 3683 NWXCi

        klo bisa di kirimkan ke email saya thx…

      31. Asher
        #31

        Yang saya tahu hanya SETELAH SAYA INSTALL BOBBY BOLA PC SAYA SERING LOG OUT SENDIRI DAN DATA PEKERJAAN KANTOR SAYA ATAUPUN DOWNLODAN SAYA YG BELUM SEMPAT DI SAVE TERPAKSA GAGAL SEMUA.
        SANGAT BUANG2 WAKTU KARENA SAYA HARUS MENGULANG PEKERJAAN SAYA BERULANG2.

        Bagi yg merasa senasib dengan saya
        SOLUSINYA:
        1.SAYA FORMAT KEMBALI PC SAYA MENGGUNAKAN CD WINDOWS YG SAMA
        2.SAYA TIDAK INSTALL LAGI CD BOBBY BOLANYA
        3.KOMPUTER SAYA BERJALAN NORMAL KEMBALI TIDAK LOGOUT2 SENDIRI
        4.CD BOBBY BOLA SAYA JADIKAN GANJEL PINTU

      32. Mama Mayla
        #32

        Saya juga termasuk ibu yang awam banget dgn IT pak.Cuma saya merasa drugikan dgn virus d Bobby bola (Batita).Saya tdk bisa menggunakan lg krn terdeteksi virus trojan padahal anak saya 2th 8bl sdh ingin sekali main bobby bola

      33. JAAP NS
        #33

        Melihat banyak sekali rekan2 yg merasa bobby bola terkena virus dapat saya jelaskan. Saya juga menggunakan bobby bolla, memang mengalami hal yg sama, namun saya sudah menanyakan ini ke bag teknisnya. Sebenernya itu bukan virus, cuma masalah kalkulasi softwarenya yg di buat untuk anti pembajakan, sedangkan rata2 anti virus yg kita pakai adalah virus dari luar negeri. Banyak juga anti virus yg sering salah deteksi, contoh AVIRA ANTIVIRUS, juga pernah saya test salah detect file sebagai virus, AVAST dan AVG pun juga pernah. Saya tanyakan ke ahlinya, bahwa bisa saja anti virus salah detect. Saya browsing ternyata juga ada benarnya. Saya coba biarkan terinstall lama, tidak ada file saya yg lain yg ikut terinfeksi….. so aman bro.

        Solusinya :
        Sewakku install, matikan anti virus
        setelah terinstall, jgn lupa memasukkan file program yg berextention exe ke EXCLUSION, sehingga anti virus tidak akan mendeteksi.

        Semoga bermanfaat

        JAAP NSs last blog post..optimalkan performance komputer anda

      34. ferry
        #34

        Numpang komentar ya…
        Saya setuju sama bung JAAP NS diatas. Program yg mirip virus tersebut bukan virus atau trojan, tapi mirip doang. Itu adalah salah satu program anti copy yang sengaja dipasang oleh Maximize Production (walau faktanya masih bisa dicopy). Karena program ini autorun di memory tanpa permisi (kayak trojan) maka di anggap virus atau trojan oleh anti virus.
        Pemecahan masalahnya ada pada anti virus masing-masing. Setiap anti virus sebenarnya menyediakan tools exception (pengecualian) untuk program-program tertentu, tinggal kita memasukkan program ini (logcomd.exe) kedalam daftar yang boleh lewat (di anggap bukan virus atau trojan).
        Kalau ada komputer yg suka logoff sendiri itu (mungkin) karena “action” anti virusnya auto. Merestart komputer adalah salah satu cara anti virus menolak trojan atau virus merusak sistem.
        Saya pakai anti Virus NAV 2005, bahkan saya sudah virtual CD kan 4 game Edu-Games (Bobby Bola Putri Duyung, Istana Kurcaci, Kiki Kelinci dan Bermain Bersama Batita) sampai sekarang baik-baik saja. Tidak ada masalah dengan komputer saya.
        Tapi memang pertama kali memasukan CD ada peringatan dari anti virus saya.
        Semoga bermanfaat.

      35. Jaap NS
        #35

        Sip deh….. Bung Ferry case closed dong he he he…..

      36. registry cleaner review
        #36

        Super site! I am loving it! Will surely come back again – taking your feeds also, Thanks.

      37. akeje
        #37

        maaf saya nyasar kesini,gara2x cari driver

      38. Gemblung
        #38

        @toni sma12, kalo menurut anda bahwa “sebagai orang IT mestinya kita nggak usah ‘parno’ ama yg namanya virus… terlebih menyebabkan kepanikan ke orang lain”, wahhh… bisa2 anda dianggap tidak professional oleh Bos anda (jika anda seorang karyawan/ti).
        Menurut anggapan saya, mestinya sebagai orang IT, kita harus bahkan wajib bersikap waspada dan berhati2 dalam menghadapi serangan virus/trojan/worm atau apalah istilah lainnya yang mungkin muncul. Kenapa begitu? karena jika dalam satu jaringan besar terutama di perkantoran,dimana antar pc saling berhubungan, 1 pc aja yang kena virus, bisa dihitung berapa kerugian waktu dan terutama jika data penting ada yang hilang, berapa harga yang harus dibayar oleh perusahaan tersebut.
        Tentu saja beda kasusnya jika yang terkena adalah pc pribadi yang cuma diisi buat mainan anak2.

        Dan untuk masalah kepanikan, ini sebenernya subyektif, tergantung dari tingkat pengetahuan IT orang tersebut.
        Kalau sebagai orang awam yang tiba2 mendapat serangan seperti kasus ini, tentu saja panik luar biasa, terlebih jika didalam pc itu ada data penting. Dan akan lebih panik lagi jika cari di Internet, tidak ada informasi yang memuat solusi atas serangan ini.
        Coba bayangin kalau hal diatas terjadi pada diri anda, hayoo….

        Back to topic, entah ini yg namanya jodoh atau tidak, tapi minggu lalu saya menghadapi masalah yang sama. Kronologisnya saya diminta untuk men-cek pc seseorang dengan keluhan pc-nya tidak mau nyala. Setelah semua kabel tercolok benar, saya pencet tombol power. Lama dinanti, tampilan masih tidak keluar. Asumsi pertama langsung tertuju pada VGA Card. Tapi begitu VGA dilepas dan dipasang di pc lain, tidak ada masalah. Asumsi kedua, memory bermasalah. Tapi begitu memory dilepas dan dipasang di pc lain, tidak ada masalah. Kemudian coba memory pc lain dipasang di pc ini. Eh mau nyala, kemudian masuk ke sistem, langsung deh keluar pesan logcomd.exe seperti artikel ini dibuat.
        Beruntung artikel ini ada dan thanks buat pak Edi Psw buat blognya, akhirnya masalah tersebut bisa dibereskan.

        Nah, apa jadinya coba jika tidak ada yang menyebarkan “kepanikan” ini kepada saya terutama kepada orang awam?
        Ketidaktahuan kita akan dimanfaatkan orang lain untuk mengeruk keuntungan, misal anda disuruh ganti VGA Card dan memory, bahkan suruh upgrade semua hardwarenya bila perlu.

      39. Hardian
        #39

        Saya pernah juga ngalamin hal yg seperti ini, apalagi buat yg terbiasa install software crack-an/patch.. Peringatan salah detect adlh hal biasa !!
        Tapi sebagai pencegahan, saya nggak pernah install software apapun yg mencurigakan, biarpun itu murni salah detect. Daripada berjudi dengan taruhan data2 komputer lebih baik tidak, toh masih banyak aplikasi lain yg bisa digunakan

      40. Ruly
        #40

        solusi dari semua masalah tsb yaitu
        sebelum memasukkan cd gamenya matikan dahulu fungsi auto run cdrom. utk vista cari di control panel, auto play dan lakukan disable. utk xp masukkan cd game lalu dg segera tekan dan tahan tombol shift pd keyboard.
        masuk explorer cari lokasi cdrom, pilih folder EG_… lalu jalankan file exe yang ada didalamnya dan ikuti petunjuknya hingga selesai.
        cari dan hapus icon game di desktop lalu masuk explorer lagi dan cari lokasi instalasi gamenya, biasanya lokasinya di c:\program files\Bobby…. cari dan hapus file (EG_…auto)dg kombinasi tombol shift+delete.
        klik kanan file (EG_…)pilih send to desktop
        tutup explorer dan pindah ke desktop, cari icon shortcut game yg barusan di buat dan rename dg nama terserah anda, kemudian klik 2x icon tsb untuk menjalankan game. demikian cara menghindari agar file yg dianggap virus atau apalah itu tdk aktif dikomputer kita silahkan di coba dan semoga bermanfaat.

      41. Ruly
        #41

        moga aja blm terlambat yaaaa.
        bagi pengguna pc ato laptop yg sudah menggunakan aplikasi pembeku system kenapa harus pake anti virus segala, gak perlu kaleee!!! lagian antivirus tuh bikin lemot kompi coz dia jalan meskipun tidak kita perintah. sebenarnya file yang dianggap virus itu adalah paket system proteksi yang diterapkan oleh perusahaan agar cd gamenya tidak bisa digandakan jadi jgn takut memainkan gamenya coz yg perlu kita perhatikan adalah cara menginstallnya saja makanya saya sarankan untuk mencari jalan lain spt di atas dan jangan selalu atau suka menggunakan fasilitas autorun karena fasilitas tsb banyak digunakan untuk sarana penyebaran virus dan bagi yg sudah terinfeksi coba hapus file yg dianggap virus dan file EG_auto pd lokasi instalasi biar gak muncul layar hitam ketika kompi pertama kali dihidupkan, utk menjalankan gamenya gunakan file EG_… dari lokasi instalasi ato bs jg dibuat shortcutnya di desktop. semoga membantu dan selamat bermain game lagi agar generasi muda bangsa ini jadi lebih pandai.

      42. Home Theater Furniture
        #42

        Thank you for submitting your suspicious file.
        Synopsis

      43. fadli
        #43

        mas,sy lg nyari driver buat acer aspire 3683NWXCi…
        dah cari sana sini blm dpt,tlg dong kl ada kirim ke alamt emailku aja buat sy download

        mksh sblumx….

      44. suriadi
        #44

        anda coba pakai eset smartsecurity versi 4 atai 3.669
        . virus di edugame tidak bisa nyebar ke harddisk. dan anda bisa main game tanpa efek samping krn virus yang terdeteksi tersebut. kl masalah copy edugame file image, anda bisa email saya ke suriadi.didiek @ yahoo . co. id. saya sudah buktikan sendiri pada bbrp versi boby bola.

      45. bebekdesa
        #45

        memang bukan virus, tapi kalo menganggu sistem, memperlambat, membuat banyak software lain terganggu, hampir sama saja dgn virus, apalagi si pembuat melakukannya dgn diam2. bagi saya itu sangat tidak profesional.

      46. suriadi
        #46

        nggak juga, khan instalasi game ada di harddisk, jd file 1 dari 2 file EXE nya aja yang terdeteksi virus. dan lgs bisa di delete. nah jalankan file EXE yang satunya lagi untuk Play…. sy dah coba dg 7 serial boby bola…. dan oke2 aja

      47. suriadi
        #47

        cuman biar awet cd edugame nya di image dulu ke harrdisk hehehhe, jd bisa di pakai turun temurun hahaha

      48. arie
        #48

        jadi bingung lihat komentar yg macam², trs mana yg bener nih? virus or not???????

      49. Randy
        #49

        Memang ternyata semua cd boby ADA virus GRATIS.

        Saya KECEWA banget sama mereka yang menjual game edukasi berbonus virus. Sampai akhirnya komputer saya juga jadi error gara-gara boby bola.
        Baru kali ini saya beli program GRATIS VIRUS.

      50. Nano
        #50

        edu game kira-kira dong
        kita kan beli cd mahal-mahal
        kok malah menyebarkan virus ke mana-mana

      51. Rhett Rodal
        #51

        Hmm yes well i do agree with you.

      52. dante
        #52

        Menyisipkan virus secara diam-diam ke komputer pelangannya,Edu game sangat tidak etis

      53. einstein
        #53

        Jadi rumus matematika nya :

        Money = Boby + Virus

        Boby = Virus – Money

        If Money = big,

        It’s mean : if u buy boby, u will get virus and lose a big money.

      54. cecilia
        #54

        Saya terlanjur beli paket cd boby bola yang buanyak bisa di retur ngak ya ?

        Karena setelah terdeteksi ada virus, kemudian virusnya di hapus, malah komputer saya jadi error.

      55. Hermanto
        #55

        Jadi kalau install boby bola, komputer kita kena virus.

        Edu Games diganti “Edu Virus” aja deh.

        Kenapa kerajinan bikin virus segala.

      56. WEBSTABBER
        #56

        gak dulu gak sekarang, emang software edu-games dirancang untuk menyebarkan virus. sudah saya buktikan dengan beberapa cd dari perusahaan ini, bahkan cd yg terbarupun juga terinfeksi virus yg terdeteksi oleh avg. tp sayang…. yg namanya buatan manusia atau dasar ak yg suka usil ya.. ak CRACK aja softwarenya, alhasil telah terpasarkan 10 paket edu games bajakan. hahahahaha….

      57. Sutrisno
        #57

        Saya menggunakan cd bobby bola di Lenovo S10 dengan OS. Win XP SP3 dan dengan antivirus Kaspersky Internet Security (KIS). Ternyata CD tersebut terdeteksi mengandung Trojan yang oleh program KIS saya disarankan untuk dikarantina.

        Saya tidak tau, kalau berbagai software anti virus mendeteksi CD ini mengandung Trojan/Virus apakah ini berarti sebagian besar software antivirus tersebut melakukan kesalahan deteksi. Terus terang saja, saya lebih percaya ke mayoritas. Terima kasih.

      58. Leon
        #58

        CD edugame ada virus trojan. edugame berkelit bagaimanapun tetap merugikan konsumen. Kenyataan komputer yang di install menjadi bermasalah dan merusak data.

      59. Joe
        #59

        Saya pake Win XP nggak mengalami kendala2 diatas tp pas saya pake win 7 kendala itu baru muncul. Triknya coba firewall pada windows di off kan lalu kalau tetep nggak bisa bisa di update lewat edu..games..

        Semoga bermanfaat…

        Thanks

      60. asmin
        #60

        iseng-iseng masukin nama virus yg ada dikomputer ke Google, eh, ternyata ketemu blog bapak yg menerangkan bahwa cd edu games bervirus. awalnya saya juga kurang yakin…saya kira hanya cd edugames saya yg bermasalah…ternyata punya bapak juga.
        cd edugames saya ada 4 buah, yg 2 sering error.
        rata-rata setiap anakku pakai di laptop pasti akan muncul virus C:\Windows\System32\Logcom……
        mungkin di toko gramedia…komputernya gak ada antivirus semua, jadi sebenarnya didalam cpu mereka sudah ada virusnya…jadi setiap cd yg dites dan gak jadi dibeli pasti kena virus.

      61. Lukman
        #61

        di link ini dijelaskan kenapa seperti itu

        http://khiang.wordpress.com/2008/12/25/proteksi-anticopy-edu-games/

      62. Budi Armand
        #62

        Mohon petunjuk rekan2 sekalian.
        Kalau di tempat saya, masalahnya adalah selalu hang pada saat muncul pesan: “Sedang konfigurasi file, harap tunggu sebentar….”
        Sudah ditunggu sampe setengah jam, masih tetap hang.
        Mohon petunjuk terima kasih.

      63. alan
        #63

        Saya malah baru install itu game, langsung kedetect virus sama bitdefender, tapi game masih bisa dimainkan, tapi pelit amat masa game gitu saja cuma boleh buat 1 komputer

      64. andri
        #64

        mantap….

      65. Alynne
        #65

        Saya punya pengalaman yang sama dengan bapak. Memang benar kenyataannya seperti itu. Terimakasih atas sharingnya…

      66. popo nugroho
        #66

        ikut nimbrung ah, setahu saya memang avg anti virus terlalu sensetif terhadap file, banyak file yang sebenarnya file aplikasi dikenali virus, saya dah lama ninggalin avg dan beralih ke eset smart secury, hasilnya menurut saya lebih baik dan lebih ringan dari avg. (sekedar berbagi pengalaman dengan av)

      67. IT Newbie
        #67

        Kemana mana nyari eeh ternyata ada juga tutorial nya disini..
        Terima kasih atas infonya..
        Kejadian ini juga saya alami..
        Sangat berbahaya sekali..

      Form Komentar :

      XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>