Okt 24
Facebook
Twitter
Digg
Stumbleupon
Technorati
Delicious

Tips Melamar CPNS

Kategori : Opini, Tips & Triks | Dibaca : 53,389 kali

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan informasi dari teman-teman sesama guru di SMA Negeri 11 Surabaya, bahwa tahun 2008 ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara besar-besaran di berbagai bidang. Teman saya yang berstatus sebagai karyawan di salah satu sekolah negeri di Surabaya pun juga begitu, dia juga sibuk menyiapkan syarat-syarat untuk menjadi CPNS yang dibuka oleh Pemkot Surabaya tahun ini. Bahkan dia lebih dulu mengetahui informasi ini daripada saya.

Saya sebagai salah satu guru yang masih berstatus Guru Tidak Tetap (GTT) tentunya tidak menyia-nyiakan kesempatan baik ini. Saya mulai mencari informasi kesana-kemari tentang lowongan CPNS ini. Siapa tahu, saya bisa lolos untuk seleksi tahun ini. Dan saya ingin memberikan sedikit tips untuk teman-teman yang juga mempunyai keinginan seperti saya.

Syarat-syarat yang harus dipersiapkan untuk melamar menjadi CPNS adalah sebagai berikut :

A. SYARAT UMUM
1. Surat Lamaran CPNS
Sudah barang tentu kalau kita ingin bekerja di sebuah instansi, baik instansi pemerintah maupun swasta harus membuat lamaran pekerjaan. Untuk melamar menjadi CPNS, kita harus membuat Surat Lamaran yang dicetak pada keras HVS ukuran folio, diberi materai Rp 6.000,- kemudian ditandatangani. Form Surat Lamaran bisa didownload di sini.

2. Daftar Riwayat Hidup
Berisi tentang riwayat hidup kita, mulai dari nama, tampat tanggal lahir, jenis kelamin, agama, pendidikan yang pernah kita tempuh sampai dengan pengalaman kerja. Form Daftar Riwayat Hidup bisa didownload di sini.

3. Porto Folio
Menurut keterangan dari berbagai sumber, Porto Folio ini berisi sertifikat-sertifikat tentang keaktifan kita di masyarakat.

4. Kartu Kuning
Kartu kuning adalah kartu tanda pencari kerja. Untuk mendapatkan kartu kuning baru, kita bisa mengurus di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) yang terletak di Jl. Manyar Surabaya (dekatnya SAMSAT). Sedangkan untuk memperpanjang Kartu Kuning bisa dilakukan di Jl. Jemursari Surabaya.
Syarat-syarat :
a. Fotocopy Ijasah Terakhir yang dilegalisir (2 lb)
b. Fotocopy Transkrip Nilai yang dilegalisir (2 lb)
c. Pas Foto 2×3 (2 lb)
d. Fotocopy KTP (2 lb)
e. Mengisi formulir
f. Stopmap warna kuning

Setelah mendapatkan Kartu Kuning, segera difotocopy 5 lembar kemudian dilegalisir.

5. SKCK
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bisa didapatkan dari Polres setempat dengan syarat-syarat sebagai berikut :
a. Pengantar dari RT, RW, Kelurahan setempat
b. Pengantar dari Camat, membawa Pas Foto 4×6 (2 lb)
c. Pengantar dari Polsek, membawa Pas Foto 4×6.
d. Ke Polres, mengisi formulir, membawa fotocopy KTP, KSK, Kartu Sidik Jari, dan Pas Foto 4×6 (4 lb)

Setelah mendapatkan SKCK, segera difotocopy 5 lembar kemudian dilegalisir.

6. Legalisir Ijasah
Syarat berikutnya adalah fotocopy ijasah yang telah dilegalisir, mulai dari SD sampai dengan pendidikan terakhir.

B. SYARAT KHUSUS
1. Surat Keterangan (SK)
Surat Keterangan GTT/PTT didapat dari Kepala Sekolah yang menerangkan bahwa yang bersangkutan berstatus sebagai GTT/PTT pada sekolah tersebut.

2. Surat Keterangan Masa Kerja
Surat Keterangan Masa Kerja juga didapat dari Kepala Sekolah yang menerangkan bahwa yang bersangkutan bekerja di sekolah ini sekian tahun.

3. Surat Keterangan Kesehatan
Surat Keterangan Kesehatan didapatkan dari dokter di puskesmas pemerintah maupun di RS. R. Suwandi, Jl. Tambak Rejo Surabaya.

Demikianlah syarat-syarat untuk melamar menjadi CPNS Pemerintah Kota Surabaya, semoga bermanfaat bagi semuanya. Bagi teman-teman yang mempunyai informasi lebih lanjut, saya mohon untuk menambah informasi ini agar lebih lengkap.


Tentang Penulis :

Edi Psw

Seorang blogger biasa yang selalu memiliki rasa ingin tahu, suka berbagi, selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik, bagi dirinya maupun bagi orang lain. Profil selengkapnya »

Jadikan teman di sini :

Bagikan:

Jika suka dengan artikel ini, silakan di-share:

Facebook Twitter Stumbleupon Technorati Delicious

Berlangganan:

Jika ingin mendapatkan update artikel terbaru, masukkan alamat email Anda di sini:

Delivered by FeedBurner

111 komentar pada “Tips Melamar CPNS”.

  1. Epat
    #1

    Umur 31 boleh gak ya pak? hehehe

  2. okta sihotang
    #2

    wah..mantap tips nya mas..
    tapi untuk saat ini saya masih mengruungkan niat untuk melamar PNS, ntaran deh klo dah banyak duit dari swasta 😉

    okta sihotangs last blog post..Wat, Ada RAZIA KTP ?

  3. kucluk
    #3

    waw…

  4. dafhy
    #4

    wah keren tipsnya
    masih kuliah kira-kira boleh gak ya mencalonkan diri jadi PNS? :mrgreen:

  5. yu2n
    #5

    iya nih, temen-temen juga sudah mulai rame ngomongin pendaftaran cpns :)
    saya belum kepikiran mo daftar lagi, soalnya pernah ikut tapi ngga lulus pak edi. hehe…
    jadi sekarang masih di swasta.

    trims tips-tipsnya pak, teman-teman disini pasti butuh nih 😀

  6. emfajar
    #6

    mantap tipsnya mas,, harus lulus kuliah dlu ya mas !? 😆

  7. Anang
    #7

    alhamdulillah, moga jadi amal baik karena membantu kita2 pak.

    Anangs last blog post..Update Google Pagerank (4)

  8. dikma
    #8

    Infonya sangat berharga ..

    dikma last post Upgrade WordPress mu

  9. afwan auliyar
    #9

    Ehmmmm.. masih blom lulus kuliah pak :)
    tapi keknya lengkap neh + nebak2 keyword juga :)

    afwan auliyars last blog post..Monetize blog, Sisi lain blogger

  10. det
    #10

    katanya habis gini gaji guru minimal 10 juta ya pak? waaaaaa………. [ngiler]

  11. Lala
    #11

    Ribet juga ya persiapannya, dan lom tentu diterima..saingannya buanyaakkk sih 😀

  12. Daiichi
    #12

    Sekedar Info untuk di BMG ad juga lowongannya Sepertinya perlu banyak tuu… dan untuk batasan umur saya ga tau… Tapi ad ga si batasan Umur Untuk CPNS..?

    Daiichis last blog post..Nine words women use…

  13. Taktiku
    #13

    Nice tips nih

  14. gajah_pesing
    #14

    wa…saia kok gak berminat jadi PNS ya? pengen jadi anggota dewan yg isa gonta-ganti mobil…

  15. zee
    #15

    baik sekali pak guru ini mau berbagi ilmu pada yg lain, mudah2an lancar semua usahanya utk ikutan cpns ya pak.

  16. kucingkeren
    #16

    memang masih berminta jadi pegawa pns ya?? hehehe

    kucingkerens last blog post..Lelaki Menyebalkan..

  17. arifudin
    #17

    moga lancar :)

    arifudins last blog post..Semangat ngeblogku

  18. abeeayang™
    #18

    habis nglamar PNS…nglamar calon istri ya pak…. 😆

  19. orangndut
    #19

    Owh, begitu. Lumayan banyak juga ya persyaratannya.
    Oh, ya, bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang pengin jadi PNS DepKeu cukup ikutan USM STAN aja ya? hehehe…maaf numpang promosi.

    orangnduts last blog post..Cara Promosi yang Tidak Saya Suka

  20. easy
    #20

    saya hanya nunggu dilamar Pak … ^^

  21. namada
    #21

    saia sendiri pusing melihat kakak saia menyiapkan tetek bengek buat tes cpns,,di kota saia tes tulisnya udah tgl 16 kemaren :)

    namadas last blog post..Teman Tidur

  22. qizink
    #22

    Satu kali pernah ikutan test CPNS… antre berjam-jam, ribet ngurusin dokumen,, nggak lulus juga!
    Sekarang dah kapok sekapok-kapoknya!!!

    qizinks last blog post..Tentang Cinta

  23. sawali tuhusetya
    #23

    semoga sukses, pak edi. info semacam ini jelas sangat dibutuhkan oleh temen2 yang kebetulan punya keinginan yang sama dg pak edi.

    sawali tuhusetyas last blog post..Mengapa Guru Mesti Ngeblog?

  24. herru
    #24

    repot ya mas, saya mah paling males ngurus formalities kayak gitu. tapi kayaknya sih emang harus kalau ngelamar ke instansi pemerintahan mah.

    herrus last blog post..Menjelang Musim Dingin

  25. devari
    #25

    biaya sogok?
    hehehe

  26. ainul fahmi
    #26

    assllamuallaikum
    comment ke blog saya ya!!!!!!!!!

    ainul fahmis last blog post..nArUtO vS bLeAcH

  27. RONGGO
    #27

    halah pak pak klo tips biar keterima mana,tanpa daftar, hehhe
    ngaciir

    RONGGOs last blog post..Mohon doa restu

  28. Suwahadi
    #28

    Thanks pak.
    Semoga deterima jadi PNS. Amin…

    Suwahadis last blog post..Menghapus Title Name ‘Home’ pada Site Joomla

  29. Kaka
    #29

    Lengkap ya .. tks pap
    http://www.asephd.co.cc

    Kakas last blog post..Bakso Tumpah

  30. masDan
    #30

    Eh, Ternyata ndak ada sarat Setoran Uang Yang Banyak Ya …Hehehe, Keren …

    masDans last blog post..Dluang, Seminar Wah …

  31. andy
    #31

    boleh juga tips nya, tapi aku belum lulus..he..he

    andys last blog post..Yahoo masih menjadi peringkat 1 menurut Alexa

  32. norjik
    #32

    mo ngurus ini itu susah pak, pngn nya sih ikutan. cmn terkunci di dalem kantor dan gk bs leluaasa bergerak. Jd nya hanya sebuah keinginan … :)

    norjiks last blog post..Racun Dunia

  33. ario saja
    #33

    matur tengkyu tipsnya

  34. Achmad Sholeh
    #34

    Tips yang membantu mas, tapi sayang malu sama umur untuk jadi PNS mudah2an mas Edy diterima menjadi PNS tahun ini

    Achmad Sholehs last blog post..Mr. Google Memang Kejam

  35. ekkei
    #35

    wah lengkap banget nih tipsnya.
    ada tips melamar gadis mas? 😀

    ekkeis last blog post..Paid Review di Ambang Akhir

  36. Ly
    #36

    wah… keren deehh
    moga di terima jadi PNS yaacchhh…. ?

    kalau aq gak tertarik ngelamar jadi PNS tapi tertarik jadi istrinya PNS huehuehue 😛 *kabuuuuuurr*

    Lys last blog post..Jodohku Siapa….???

  37. trendy
    #37

    jangan pake jalan pintas yah!
    wkekekekke!

    trendys last blog post..Petai!

  38. dadan
    #38

    waow.. detail banget 😀 good luck yach semua

    dadans last blog post..Plurk’s Theme : Nebula

  39. regsa
    #39

    ikut berdoa aja smoga berhasil pakk
    amin

    regsas last blog post..Cuman suka Reggae..Tak lebih

  40. aha
    #40

    wehh…… kok kg ada lowongan blogger negara ya? he2

  41. edratna
    #41

    Semoga berhasil pak….

    edratnas last blog post..Ga usah baca koran dulu bu…..

  42. inos
    #42

    sayang saya belum kepikir untuk jadi PNS

    inoss last blog post..Momong Anak

  43. Wongbagoes
    #43

    Om di Ponorogo, juga ada pendaftran CPNS…

  44. Shireishou
    #44

    aku bermasalah di kartu kuning. wehehe males ngurusnya. Nice tips Btw.

    And makasih dah mampir ke blog Easy Step to earn money ku

    Shireishous last blog post..Saat Niat Membantu Justru Jadi Bumerang

  45. galihyonk
    #45

    Sip infone pak edy…

    matur nuwun….

    galihyonks last blog post..Ganti Nomer HP

  46. heddy
    #46

    thanks mas edy..info yang sangat bagus dan bermanfaat..ada lowongan ta? 😀

  47. deja-vu
    #47

    Wah bagus tuch PNS lagi buka lowongan. Kalo saya sich sementara masih tertarik jadi pengusaha aja….he..he.. :)

  48. endar
    #48

    tips-nya bagus banget Pak. sayang saya sudah terlanjur asyik menjadi buruh.
    istri saya yang rencananya mau melamar jadi PNS.
    terima kasih Pak,
    Salam hangat dari Purwokerto

    endars last blog post..FUTSAL di malam Minggu

  49. Rindu
    #49

    Kalo melamar yang lain, syaratnya apa kang? Halah …

    Rindus last blog post..Kasidah cinta …

  50. theodora
    #50

    ho…ho…buat abang2,kakak2,teteh2,mas2, moga berhasil ya dapat kerjanya…..jangan lupa doai aku balik yang bagus2 ya….ho….2( gawur)

    theodoras last blog post..hua….

  51. Yari NK
    #51

    Hmmm…. nggak ada kemungkinan biaya2 ‘siluman’ lagi kan pak? :mrgreen:

    Yari NKs last blog post..Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa

  52. langitjiwa
    #52

    aku doakan berhasil,mas.

    langitjiwas last blog post..Ruang Kamar,Ruang Jiwa,Ruang Pencarian

  53. Ecko
    #53

    Beugh, syaratnya aja sebanyak itu??? Puyeng saya lihatnya. Jadi tambah alasan deh untuk gak mau jadi PNS. Toh sekarang juga sudah jadi PNS (Pencari Nafkah Serabutan). Hehehe…

    Eckos last blog post..Tentang Payoneer Debit Card

  54. Andy MSE
    #54

    Sebetulnya informasi ini biasa-biasa saja, namun seringkali banyak orang kebingungan untuk mencarinya. Salut buat pak Edy yang ikhlas berbagi walaupun untuk hal yang (kelihatan) kecil sekalipun.
    *Pasti info ini sangat bermanfaat.. saya rekomen & referen bila ada yang tanya ke saya. Tks

    Andy MSEs last blog post..Serabi Solo

  55. Didien®
    #55

    saya doain ya mas biar semuanya lancarrr… 😉

  56. rizoa
    #56

    wew..aku kok nggak minat iah.,, jadi pns…..

    rizoas last blog post..mengamankan wordpress pake siluman version

  57. sapimoto
    #57

    Semoga sukses, Pak…
    Tipsnya juga mudah-mudahan berguna bagi yang sedang mempersiapkan pendaftaran CPNS…

    sapimotos last blog post..Harga Minyak Dunia Turun Drastis

  58. Panda
    #58

    udah lengkap kok pak syaratnya :)

    Pandas last blog post..Taman Hiburan Pantai Kenjeran

  59. thevemo
    #59

    sukses ya pak..dan semoga berjalan lancar tanpa ada kecurangan

  60. gus
    #60

    karena saya sudah mengundurkan diri dr PNS, gimana kalau saya tulis tips keluar dari belenggu PNS ya Kang? hehehehe

    guss last blog post..Walmiki, Rahuvana Tattwa, Shinta, Rama, PDRI, Syafrudin Prawiranegara, Sudirman, Sukarno dan Keberpihakan Catatan Sejarah

  61. 'Nin
    #61

    Saya masih bisa jadi PNS gak ya?

  62. ilyas asia
    #62

    PNS
    memberi inspirasi pada banyak orang
    sedang yang lain banyak juga ynag hanya bengong

  63. nita-BLOGGERNITA
    #63

    wah jadi ingat waktu dulu melamar jadi pns, persyaratannya luar biasa ribet termasuk kartu kuning itu, bikin saya nyaris mundur. moga sukses dan bisa diterima. welcome to the club

    nita-BLOGGERNITAs last blog post..AH, AKU SUKA SI PEMBERI KOMENTAR

  64. duniafannie
    #64

    menarik..menarik
    ^mikir sambil garuk2 dagu^

    duniafannies last blog post..iseng yuk…

  65. Amrul
    #65

    jadi PNS emang enak ya pak ??

    Amruls last blog post..Me VS Director of Telkom Polytechnic

  66. Yulis
    #66

    Semoga sukses Pak Edi, Semoga testnya lancar. thanks

    Yuliss last blog post..GREAT FRIENDS

  67. Cabe Rawit
    #67

    Nambah point B, nomor emfat…
    Berdoa dengan sungguh lalu bertawakkal kefada Allah… 😀

    Cabe Rawits last blog post..Ane “Diperkosa” Sufaya Kembali Ke Khittah: Siaran Lagi…

  68. aditcenter
    #68

    Pak,guru SMAN 11 Sby??

    Salam kenal pak…. Hebat bgt, gara2 bapak SMAN 11 Sby sekarang punya komunitas IT sendiri

    aditcenters last blog post..KENAPA HARUS IKUT IKLAN??

  69. Ardy Pratama
    #69

    kayakx dah lngkap deh mas… 😀 Brmnfaat skali nih bwt yg mw jd PNS

    Ardy Pratamas last blog post..Wait ’till It Really Hurts

  70. Rush
    #70

    wah, banyak banget persyaratannya….

    aku masih nunggu beberapa tahun lagi nih kayaknya….

    Rushs last blog post..Bangkitlah Wahai Pemuda Indonesia….!!!

  71. yakhanu
    #71

    lulusan SMU bisa jadi PNS gak??

    yakhanus last blog post..nekat

  72. anas
    #72

    semoga mas bisa lolos ya.di kotaku, banjarmasin jg mau penerimaan CPNS.coba juga lamar ah…
    salam kenal ya….:-)

    anass last blog post..Kunjungan kedua ke Air Terjun Bajuin

  73. waterbomm
    #73

    dikantor saya juga ada tuh lowongan untuk CPNS 😀
    hihi… tapi ga ikutan, karna belum menuhi persyaratan, salah satunya s1 :)

  74. -=«GoenRock®»=-
    #74

    Walah, Ibu sama Bapak saya PNS semua, tapi saya malah ndak tertarik jadi PNS, lebih seneng kerja dibidang seni 😀

  75. Napi
    #75

    waduh…
    gk bisa mikir sampai sejauh itu Pak…
    masih kecil soalnya..???

    Napis last blog post..Bunuh waktu luang kita..????

  76. septy
    #76

    hemmm… bisa nih konsultasi? 😀

  77. jiioyfine
    #77

    CPNS?K
    Kurang tertarik!
    Lagian aku masih di bangku kuliah…

    Semoga Pak Edi berhasil nembus ya…amiiien! :-)

  78. isnuansa
    #78

    syarat khususnya pake duit ga :)

    isnuansas last blog post..SMS dari Presiden

  79. erika
    #79

    duh…ngelamar jadi PNS ribet yah…
    surat-surat bererot yang harus menyertainya itu loh…
    ngurus perpanjang KTP ajah kemarin abis 30ribu…mana blum jadi lagi…nunggu sebulan 😛

  80. don45
    #80

    Selamat berjuang pak buat CPNS !!!!

    don45s last blog post..QeQe……. !!!!!

  81. zoel
    #81

    wahh tips yg bagusss

  82. anna
    #82

    semoga lulus ya pa.. Good luck..

    annas last blog post..Ada di Halaman Depan

  83. fanari
    #83

    wah nggak bisa komen nih, lulus kuliah saya masih lamaa..

  84. dyahsuminar
    #84

    Tapi kalau gak lulus ya ora opo opo,,,,gak harus jadi PNS,,,he,,he,,
    Jadi wirausaha saja,lebih leluasa dan berkembang kreatifitasnya

  85. shaffiyah
    #85

    ehem…

    makasi infonya yah pak :)

    tapi kayaknya saya mw wiraswasta aja dulu

    shaffiyahs last blog post..dag dig dug audit manajemen

  86. enno
    #86

    hehehe iya tuh ribet banget.
    Saya mengalaminya 4 tahun yang lalu. Sekarang sukurlah udah PNS :-)
    bagi yang mau daftar CPNS, selamat berjuang…

    ennos last blog post..Picaulima Family

  87. lilik
    #87

    bagus lho infonya. semoga mendapat pahala yng banyak.dan kita sukses bersama-sama. Amiin

  88. Juliach
    #88

    Banyak amat syaratnya? Weleh-weleh repot banget jadi PNS.

    Juliachs last blog post..Bantulah Anak Mandiri Sedini Mungkin

  89. suwung
    #89

    kalo melamar anak pns gimana caranya pak?

  90. risti
    #90

    mantap tipsnya …..klo tips melamar kerja buat lulusan baru bisa liat ini

    ristis last blog post..Ternyata burung kenal bahasa

  91. hari
    #91

    kalau di jabodetabek kapan kira2 penerimaaan cpns guru? boleh gak ya dari Universitas Terbuka non keguruan melamar cpns guru?

  92. brenda anderson
    #92

    Hello just figured i would let you know that i also had a issue with this blog appearing blank also. Might be chimpanzees in the system.

  93. kardon nainggolan
    #93

    kalo tamatan D3 ada g ya?????tolong info nya masss

  94. kardon nainggolan
    #94

    bang aku mau cari jodoh nihhhh….
    ada g ya orang yang mau sama aku???
    karna aku anak orang susah bangat

  95. ira
    #95

    klu masih kuliah bs gga yaa ??
    berminat nii.. :)

  96. ramadanah
    #96

    makasih info nya semoga saya juga bisa jadi PNS Amin

  97. buy arjuna meds
    #97

    comment3, availablity generic for pink-viagra, %)),

  98. non prescription straterra pills
    #98

    full depression test canadian pharmacy avodart order anafranil from mexico online Can acupuncture help acne. Paroxetine apotex side effects, generic alternatives for anafranil tegretol and thyroid test Cure depression causes not depression symptoms

  99. buy detrol online with out a perscription
    #99

    Thanks for comments, the best online site to buy tri-cyclen, fliiqf,

  100. generic for prednisolone in usa
    #100

    Cool site, ship to florida internet pharmacies pletal, %-P,

  101. fml online percriptions
    #101

    Longs pharmacy sertraline. symptoms of dementia in seniors canada pharmacy armour Kitten yellow vomit. ethical concerns about herbal treatment for depression, canadian frusemid cheap symptoms of wheat allergies in children Bipolar depression medication

  102. buy celebra from u s online
    #102

    trileptal for depression, zoloft mixed with welbutrin. buy adapalene online consultation breakdown finasteride prevents proscar Paroxetine hcl 20mg side effects, cheaper colcrys medication Dementia and depression in elderly boric eye drops allergy optibor.

  103. debtan online buy usa
    #103

    comment2, buy maquine online prescription free, codyo,

  104. paroxetine no rx needed
    #104

    comment6, legit sites to order glyburide without prescription, >:-DDD,

  105. prescription medicale de keftab
    #105

    side afects to diovan 160 12.5 cialis and benazepril genticin sale discount treating giardia in cats, Different strokes golf centers buy furadantin medication from online pharmacy melanoma and growth on thyroid Developing mold allergy immunity. call online pharmacy donepezil no precription is synthroid better than generic equivalents stop hair loss

  106. buy generic trental canada
    #106

    Instead seroquel herbal Treatment resistant depression. health shop trileptal provera litigation 2008 Mexiletine molecular weight. benzoyl buy best Thyroid elevated levels Itching symptoms thyroid cost of the drug motilium multiple food allergies, how its work 45 mirtazapine tabs. nimotop canadian online pharmacy different strokes tv. pregnancy catagory for prednisone what is biaxin prescription for Quit smoking bupropion Cipralex escitalopram oxalate,

  107. aler-dryl by mail canada no prescription
    #107

    Thanks for comments, generic pyridiate weekly, mqy,

  108. buy cefadroxil online overnight fedex delivery
    #108

    Nice comment, order motilium 90 pill, 4044,

  109. buy monaslim online cod saturday delivery
    #109

    6, otc cuprofen dangers, 4884,

  110. purchase lamisil
    #110

    comment4, where can i buy otc anti-bacterial-face-mask, 2184,

  111. valsartan online us pharmacy overnight delivery
    #111

    5, buy copegus 180 mg, >:-],

Form Komentar :

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>