Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Workshop Open Source di PENS-ITS

Ubuntu 7.10Setelah sukses menyelenggarakan “Seminar Nasional Open Source”, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS kembali mengadakan kegiatan dalam bentuk Workshop Open Source sebagai tindak lanjut dari seminar tersebut. Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 5 dan 6 April ini juga dibuka untuk kalangan mahasiswa dan umum. Kebetulan saya mengikuti 2 workshop yaitu Linux Basic Networking dan Linux Network Administrator.

Linux Basic Networking berisi materi tentang dasar-dasar jaringan komputer pada Sistem Operasi Linux serta konfigurasinya, seperti penggunaan emulator netkit mulai dari setup netkit, instalasi, setting path, dan pembuatan virtual console. Kemudian dilanjutkan dengan router, terutama tentang konfigurasi router itu sendiri.

Linux Network Administrator berisis materi tentang manajemen jaringan komputer pada Sistem Operasi Linux, meliputi protocol file sharing menggunakan Samba, remote host menggunakan SSH, dan web server menggunakan Apache.

Workshop yang dilaksanakan mulai pukul 9.00 sampai dengan 15.00 WIB ini sempat membuat saya frustasi, bahkan kadang-kadang membuat otak saya jadi buntu, tapi bukan lantaran saya menggunakan Ubuntu lho. Pengoperasian perintah-perintah pada linux melalui console memang sedikit rumit dan jauh berbeda dengan penggunaan Windows yang tinggal klik-klik-klik. Tapi untunglah saya dulu pernah hidup pada eranya DOS sehingga sedikit-sedikit bisa memahami console pada linux yang hampir sama dengan DOS itu.

Komentar

35 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.