Jul 14
Facebook
Twitter
Digg
Stumbleupon
Technorati
Delicious

Ziarah Wali Songo 2008

Kategori : Opini, Wisata | Dibaca : 27,481 kali

Masjid Agung Tuban tampak dari Makam Sunan BonangSyukur alhamdulillah, ziarah wali songo yang dilaksanakan pada tanggal 9 – 13 Juli 2008 berjalan dengan sukses, tanpa ada halangan apa-apa. Berangkat dari Surabaya pada hari Rabu dan kembali ke Surabaya pada hari Minggu, tepat seperti yang direncanakan sebelumnya.

Ziarah wali songo kali ini diikuti oleh 60 peserta orang dewasa, ditambah beberapa anak kecil yang ikut serta. Menggunakan bus pariwisata “Pelita Mas”, rombongan yang terdiri dari satu bus ini berangkat dari Siwalankerto Surabaya, Rabu (9/7) sekitar jam 20.00 WIB, dan tiba kembali di Surabaya hari Minggu (13/7) sekitar jam 10:30 WIB.

Beberapa lokasi yang dikunjungi antara lain :
- Makam Sunan Bungkul
- Makam Sunan Ampel
- Makam Sunan Giri
- Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim
- Makam Sunan Drajat
- Makam Maulana Ibrahim Asmoro Qondi
- Makam Sunan Bonang
- Makam Sunan Muria
- Makam Sunan Kudus
- Makam Sunan Kalijaga
- Makam Sunan Gunung Jati
- Makam Panjalu
- Makam Kyai Raden Santri
- Makam Sunan Pandanaran

Perjalanan wisata religi seperti halnya ziarah wali songo ini, jauh berbeda dengan wisata biasa atau dalam bahasa jawanya “ngelencer”. Yang ditekankan dalam ziarah wali songo, adalah tirakat, bukan untuk bersenang-senang. Itulah sebabnya di sepanjang perjalanan, yang ditemuinya bukanlah kesenangan, tapi penuh dengan kesengsaraan. Badan letih, mengantuk, kaki pegal-pegal karena harus jalan kaki naik-turun gunung seakan sudah menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan.

Rombongan Laki-lakiRombongan Perempuan

Bagi saya sendiri, ziarah wali songo kali ini adalah yang ke dua. Ziarah wali songo pertama sekitar bulan Juli 2006 lalu. Sayangnya, ziarah wali songo kali ini tidak mengunjungi Goa Pamejahan, sebuah tempat yang biasa digunakan para wali untuk mengadakan pertemuan. Konon, gua ini terhubung langsung dengan sembilan lokasi para wali berda’wah, seperti Sunan Ampel di Surabaya, Sunan Giri di Gresik, Sunan Bonang di Tuban, dan beberapa lokasi wali yang lain.

Suka dan duka memang selalu menghiasi di setiap perjalanan ziarah ini. Keindahan alam di beberapa lokasi seakan menghapus rasa letih yang ada. Misalnya di Panjalu, kita bisa naik perahu motor mengitari danau, bahkan masuk ke pulau kecil yang berada di tengah danau tersebut. Kita juga bisa menyaksikan matahari terbit dari gunung Jabalkat, makam Sunan Pandanaran.

Perjalanan yang ditempuh selama 4 hari 4 malam ini, sempat beberapa kali bermalam, sekedar untuk menghilangkan letih setelah seharian di perjalanan. Walaupun tempat tidur seadanya, beralaskan karpet, tikar, dan bahkan tidur di teras depan rumah, nampaknya, itu semua sangat berarti bagi peziarah, terutama saya sendiri. Bagaimanapun juga, yang namanya ziarah, harus banyak tirakat. Tidur di penginapan yang seadanya, makan seadanya, sudah biasa.


Tentang Penulis :

Edi Psw

Seorang blogger biasa yang selalu memiliki rasa ingin tahu, suka berbagi, selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik, bagi dirinya maupun bagi orang lain. Profil selengkapnya »

Jadikan teman di sini :

Bagikan:

Jika suka dengan artikel ini, silakan di-share:

Facebook Twitter Stumbleupon Technorati Delicious

Berlangganan:

Jika ingin mendapatkan update artikel terbaru, masukkan alamat email Anda di sini:

Delivered by FeedBurner

One Trackback/Ping

74 komentar pada “Ziarah Wali Songo 2008”.

  1. Anang
    #1

    ada yang kurang pak.. poto2nya

    » Edi Psw menanggapi :
    Kemarin belum sempat upload foto, Mas, karena koneksi internet di rumah yang menggunakan starone lemot banget.
  2. kucluk
    #2

    pasti seru pak ya…

    aku paling mentok ziarah wali limo, lum pernah wali songo,..
    paling sering wali siji (*haiah emange ono ta)…
    neng sunan drajat, …..

    » Edi Psw menanggapi :
    Kenapa nggak mampir ke Sunan Ampel dan Sunan Giri juga. Kan nggak terlalu jauh dari surabaya.
  3. sawali tuhusetya
    #3

    saya kepingin sekali bisa melakukan wisata spiritual, khususnya berziarah ke makam wali songo. sayangnya, hingga saat ini baru beberapa makam wali di jateng dan jatim yang pernah saya ziarahi, pak edi. memang secara fisik melelahkan, tapi pasti ada banyak hikmah yang tersembunyi di balik kelelahan fisik itu.

    sawali tuhusetya’s last blog post..Memberhalakan Ijazah

    » Edi Psw menanggapi :
    Betul sekali, Pak. Ziarah wali songo itu sebenarnya sangat melelahkan, namanya juga tirakat. Tapi memang banyak hikmah yang terkandung di dalamnya.
  4. Epat
    #4

    sepakat dengan @anang, kurang afdhol tanpa potoshut :-D

    » Edi Psw menanggapi :
    Kemarin belum sempat upload foto, karena koneksi internet yang menggunakan starone di rumah sangat lambat.
  5. made eka
    #5

    iya pak..foto2nya blum ada nih..
    bagi2 dunk..
    ini seperti pepatah yah..sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.. Sekali ziarah, sekalian dapat bertamasya..
    salam

    made eka’s last blog post..Anggrek kita Dirampok!!

    » Edi Psw menanggapi :
    Saya baru bisa upload foto di tempat kerja menggunakan speedy.
    Betul sekali, namanya saja wisata religi.
  6. aRuL
    #6

    waduh komentku hilang… :(
    semoga suatu saat bisa ke sana…

    aRuL’s last blog post..Internet Indonesia mahal

    » Edi Psw menanggapi :
    Saya doakan segera bisa ziarah walisongo ya, Mas?
  7. nenyok
    #7

    Salam
    Sepertinya perjalanan spiritual yang menyenangkan, wah kapan ya saya bisa melakukaknnya, dari Wali Songo yang paling saya ingat adalah Sunan kalijaga mungkin karena nntn movienya yang sama Deddy Mizwar itu lho pak, tapi subhanalloh mereka, Insya alloh wali-wali Alloh, menyebarkan ajaran islam dengan cara yang unik tapi membumi.

    nenyok’s last blog post..Bukan Pembenci Yang Baik

    » Edi Psw menanggapi :
    Walaupun boleh dibilang capek, tapi selama perjalanan ziarah walisongo ini sungguh menyenangkan. Yang namanya tirakat, nggak boleh ada kata “ngersulo”.
  8. ndöp
    #8

    Pengeeen..
    masa saya ini cuma ziaroh ke mbah kyai kanjeng jimat pendiri Nganjuk doang si..
    tiketnya berapa sih pak??

    ndöp’s last blog post..Menyaksikan kelahiran beibi imut!

    » Edi Psw menanggapi :
    Saya malah belum pernah ziarah ke mbah kyai kanjeng jimat.
    Biayanya ziarah walisongo sekitar 320ribu per orang, belum termasuk uang sangunya untuk makan dan untuk membeli oleh-oleh.
  9. ndöp
    #9

    Eh pak edi, kalo diitung-itung kok banyak bonusnya ya? lha itu, lebih dari sembilan wali lo..

    ndöp’s last blog post..Menyaksikan kelahiran beibi imut!

    » Edi Psw menanggapi :
    Itu sebenarnya masih kurang. Beberapa lokasi tidak sempat dikunjungi, seperti di goa pamejahan, karena waktunya yang tidak memungkinkan.
  10. niazor
    #10

    Salam Pak Edi.
    Alhamdulillah ziarah keagamaan spmean selamat segalanya.
    Sy cuba bisa mendengar cerita-cerita perihal Wali Songo ini dari temen-teman yg berkerja disini, juga menonton cd-cd yang mengisahkan para wali songo ini.

    Secara visual, pernah juga dilihat melalui siri Jejak Rasul yang dekendalikan oleh TV3 yang pernah memmaprkan tempat-tempat persemadian Wali Songo ini.

    Justru itu ingin sekali melihat foto-foto serta rakaman visual dari Pak Edi.

    Justru terima kasih atas kerjasama yang diberikan.

    ….permit disik

    Wasallam

    » Edi Psw menanggapi :
    Wa’alaikum salam. Kalau di Malaysia, acara semacam ziarah walisongo seperti ini ada nggak? Kalau ada, wah asyik banget nih. Wa’alaikum salam.
  11. yusdi
    #11

    iya pak…kurang photo2nya

    yusdi’s last blog post..Warnet?

    » Edi Psw menanggapi :
    Sebenarnya foto-fotonya ada banyak, Mas. Hanya saya akan saya tampilkan dalam postingan mendatang.
  12. anna
    #12

    anna belom pernah ikut ziarah walisongo ini… Pernahnya cuma ke makan sunan ampel ajah :(

    » Edi Psw menanggapi :
    Sunan Ampel kan juga termasuk salah satu anggota walisongo. Termasuk ziarah juga, kan?
  13. Ojat
    #13

    iya pak, diuplod lg foto2nya … biar yang jauh ini tau suasana disana hehehe :)

    Ojat’s last blog post..Malam-malam Cari Duwid

    » Edi Psw menanggapi :
    Tunggu saja postingan saya mendatang, tentang lokasi-lokasi yang pernah dikunjungi dalam ziarah walisongo.
  14. Alex
    #14

    Ass.

    sekaligus bisa belajar dari para pendahulu kita.

    Alex’s last blog post..Bahagia Sepanjang Hari

    » Edi Psw menanggapi :
    Iya, Pak. Mencontoh perjuangan para wali.
  15. sluman slumun slamet
    #15

    horee… tuban masuk blog
    :d

    » Edi Psw menanggapi :
    Hahaha…, yang di foto itu memang masjid tuban mas.
  16. norjik
    #16

    wah Allhamdullah, pak edi sudah kembali dg selamat. :)

    norjik’s last blog post..Lolos dari RAZIA

    » Edi Psw menanggapi :
    Terima kasih, Mas. Perjalanan ziarah walisongo lancar-lancar saja, tanpa ada halangan apa-apa.
  17. ulan
    #17

    ke taman bungkul donk kalo gitu..

    ulan’s last blog post..Pelem

    » Edi Psw menanggapi :
    Lokasi pertama kali yang didatangi memang Makam Mbah Bungkul.
  18. waterbomm
    #18

    wah ini nih.. ceritanya .. :D *telat*

    tempat yang dikunjungin banyak juga ya…

    » Edi Psw menanggapi :
    Rata-rata memang yang dikunjungi dalam ziarah walisongo, ya seperti ini.
  19. arifrahmanlubis
    #19

    jadi pengen jalan..

    tapi sebelumnya harus banyak baca cerita walisongo dulu.. biar perjalannya lebih meresap :)

    » Edi Psw menanggapi :
    Memang lebih enak kalau saat ziarah walisongo, kita sudah mengenal sejarah walisongo dan perjalanan dakwahnya.
  20. anton ashardi
    #20

    weh… semacam kepengen pak… kapan2 ajak2 ya pak :)

    » Edi Psw menanggapi :
    Mau ya, kapan-kapan ikut ziarah walisongo?
  21. masenchipz
    #21

    ziarah..ziarah… kadang banyak org yg gak nyadar saat berziarah tuh mereka meminta sesuatu yg sebenernya bisa dikatakan Musyrik… cuma gimana memangkas tradisi itu ya om?

    » Edi Psw menanggapi :
    Memang tidak semua peziarah itu mempunyai tujuan yang benar. Kadang-kadang justru berziarah membuat mereka menjadi sirik. Itulah sebabnya ketika mau berangkat berziarah, niat kita bukan untuk meminta sesuatu kepada makam atau para wali. Kita ke sana untuk mengirim doa dan bertawasul, memohon kepada Allah S.W.T agar hajat kita dikabulkan. Untuk itu biasanya dianjurkan sering-sering membaca shalawat.
  22. Rush-2-Chisty
    #22

    ziarah…asyik donk pak…

    Btw, ziarah yang khusyuk donk…..

    » Edi Psw menanggapi :
    Selama perjalanan memang harus selalu khusuk, tawakal, dan sabar terhadap apapun yang terjadi.
  23. edratna
    #23

    Sudah ada nggak ya tour yang menawarkan ziarah Wali Songo?
    Saya tertarik, pasti banyak pengalaman spiritual yang akan didapat.

    » Edi Psw menanggapi :
    Banyak, bahkan tiap tahun ada ziarah walisongo serupa.
  24. azaxs
    #24

    Nggak ke Ponorogo juga pak? ke masjid tegalsari….

    » Edi Psw menanggapi :
    Kalau ke masjid tegalsari kapan-kapan aja, kalau mau pulang kampung mampir ke sana.
  25. Iis sugianti
    #25

    wah, pengen dung ikutan..

    Iis sugiantis last blog post..Dialog Warisan Sawah Temin!

    » Edi Psw menanggapi :
    Tahun depan mau adalagi nih. Jadi ikutan? Hehehe…
  26. Yari NK
    #26

    Itu latar belakang foto yang di atas sebuah masjid ya pak?? Atau museum yang menyerupai masjid?? Namanya masjid apa ya?? Keren juga dari jauh kaya Aya Sofia di ?stanbul… hehehe…

    Btw, kok fotonya pak Edi yang mana nih?? Biasanya tampil paling gaya dan narsisis huehehehe….

    **digampar pak Edi** :mrgreen:

    » Edi Psw menanggapi :
    Itu masjid agung Tuban, saya ambil dari Makam Sunan Bonang.
    Hahaha, tebak sendiri aja Mas, foto saya yang mana. Tapi kali ini saya tidak mau gaya. Hehehe…
  27. cempluk
    #27

    alhamdulillah..semoga perjalanan jenengan dilipat gandakan pahala serta amalannya..amin…

    oleh2 buat pluk dunk..:D

    » Edi Psw menanggapi :
    Amin 3x, semoga doanya dikabulkan.
  28. Rita
    #28

    Jadi inget waktu masih di Semarang taun ’96, sempat ziarah juga mas kemakam wali cuma gak semuanya. Aku plg inget Sunan Muria yg dipuncak gunung dan tentu Sunan Kali Jaga karena kagum sama beliau.

    Ritas last blog post..Poligami

    » Edi Psw menanggapi :
    Memang makam Sunan Muria berada paling tinggi di puncak gunung. Ditempuh dengan jalan kaki sejauh 1 km. Karena jalannya menanjak tinggi membuat para peziarah enggan untuk jalan kaki dan memilih naik ojek.
    Untuk makam Sunan Kalijaga biasanya yang paling ramai dikunjungi para peziarah.
  29. tukangobatbersahaja
    #29

    saya kok lupa nama lengkap sembilan wali tersebut???

    wah jadi pengen lihat jejak pengajaran para sunan

    tukangobatbersahajas last blog post..Pilih Mana Dokter Atau Farmasis?

    » Edi Psw menanggapi :
    Wah, kalau sering ikut ziarah walisongo seperti ini, pasti akan ingat nama-nama kesembilan anggota walisongo tersebut.
  30. regsa
    #30

    semoga dengan wisata ini dapat semangkin mempertebal keimanan sampeyan sekeluarga, amin

    regsas last blog post..Kopdar Pelataran Pemko

    » Edi Psw menanggapi :
    Saya juga berharap begitu. Terima kasih atas doanya.
  31. Rindu
    #31

    kalau berkunjung ke sana lagi .. ajak saya ya bang. JANJI loh…

    Rindu’s last blog post..Semburat Jingga Rembulan

    » Edi Psw menanggapi :
    Iya… ya, De. Nanti janjian ketemu di mana?
  32. kw
    #32

    ada pengalaman “aneh” gak selama ziarah? :)

    kws last blog post..penyair cyber

    » Edi Psw menanggapi :
    Ada, yaitu di Makam Sunan Pandanaran. Tapi tidak semua orang mengetahuinya.
  33. yuni
    #33

    bagi oleh-olehnya dunk pak….. hehehehe!!!!!

    » Edi Psw menanggapi :
    Wah, saya nggak bisa membawa oleh-oleh yang banyak. Maklum, ini kan bukan ngelencer, tapi wisata religi. Jadi semuanya harus tirakat.
  34. gi3
    #34

    Wew…
    pak mau dunk oleh-olehnya :D

    laen kali kalu aku di ajak juga mau :D :D

    » Edi Psw menanggapi :
    Tiap tahun ada acara yang sama. Kalau mau ikut, tinggal daftar aja. Hehehe…
  35. dhany
    #35

    kalo saya dulu cuman ziarah di sunan bungkul,sunan maulana malik ibrahim sama sunan giri aja pak yang lainya belum….jadi pingin ziarah nie

    » Edi Psw menanggapi :
    Saya dulunya juga begitu. Tapi lama-lama saya ingin ziarah ke semua walisongo.
  36. solikin
    #36

    makanya kok hilang dari peredaran!
    gimana suka dukanya selama dalam perjalannya pasti banyak sukanya pasti. ya moga – moga dihapus segala dosanya dan dikabulkan keinginannya, amin

    » Edi Psw menanggapi :
    Kemarin saya memang nggak bilang sama teman-teman. Banyak sekali suka-dukanya nih. Dan semoga doanya dikabulkan. Amin 3x.
  37. yusdi
    #37

    asik dah di apdet neh….

    tuh masjidnya kayaknya bagus…

    » Edi Psw menanggapi :
    Itu foto masjid Tuban. Saya ambil gambarnya dari Makam Sunan Bonang.
    Masjid yang menurut saya paling indah yang pernah saya temui sampai saat ini.
  38. okta sihotang
    #38

    mas…
    klo buka pake IE, bannernya berantakan tuh..

    » Edi Psw menanggapi :
    Memang tampilan blog ini berantakan jika dibuka menggunakan IE versi 6 ke bawah, tapi pada IE versi 7 ke atas tidak apa-apa.
  39. hanif
    #39

    tempat yang pingin saya kunjungi tapi belum jadi-jadi dari dulu :D

    kapan ya bisa ke sana…

    » Edi Psw menanggapi :
    Kalau memang belum pernah dikunjungi, saya doakan agar segera bisa ke sana.
  40. Elys Welt
    #40

    liat menara masjidnya, jadi inget menara masjid di kota kecamatan sini, agak mirip :)

    » Edi Psw menanggapi :
    Mirip dengan menara masjid mana ya?
  41. peyek
    #41

    foto yang di gresik gimana pak?

    » Edi Psw menanggapi :
    Ada, tapi nanti akan saya posting tersendiri yang isinya tentang Sunan Giri dan yang lainnya.
  42. fenny
    #42

    ohhh memangnya selalu gituh ya? cowo ama cewe dipisah rombongannya?

    » Edi Psw menanggapi :
    Sebenarnya nggak dipisah, hanya saja karena tempatnya tidak mencukupi, jadi terpaksa harus dijadikan 2 saat mau diambil gambarnya.
  43. sufimuda
    #43

    Salam kenal…
    Ziarah ke makam wali merupakan sumber berkah yang luar biasa

    » Edi Psw menanggapi :
    Iya, semoga saja perjalanan ziarah walisongo dari awal sampai akhir diberkahi oleh Allah S.W.T. Amin.
    Btw, salam kenal balik.
  44. jiwakelana
    #44

    semoga perjalanan wisatanya mendapat berkah ya mas………

    » Edi Psw menanggapi :
    Amiiin 3x. Semoga terkabul.
  45. ven
    #45

    oleh2 sejarah perjuangan para walinya mana pak edi heheh

    kayaknya seru bgt deh klo kisah perjuangan para wali bisa diposting di sini ;-)

    » Edi Psw menanggapi :
    Rencananya memang begitu, kisah perjalanan para wali akan saya posting tersendiri biar lebih rinci.
  46. Hayim
    #46

    makasih blog wali songonya, tp kok rute perjalanan nggak dicritakan, sy ada rencana rombongan keluarga minggu depan, kasih tipnya dong

    » Edi Psw menanggapi :
    Salah satu tipsnya adalah sabar selama dalam perjalanan, tidak boleh mengeluh. Dan tidak usah berbuat yang macam-macam saat memasuki makam wali.
    Semoga perjalanannya lancar, tidak menemui halangan apa-apa.
  47. kalimantanku
    #47

    nyelam sambil minum air.inilah yg cocok menggambarkan perjalanan ini.karena didalamnya ada ziarah nya juga.
    salam kenal dr banjarmasin.
    main ya ke bloq aku.byk info perjalanannya juga.

    » Edi Psw menanggapi :
    Benar, wisata sambil ziarah menjadi satu, namanya wisata religi. Disamping bersenang-senang, ada juga ibadahnya.
    Salam kenal kembali. Nanti akan saya kunjungi blog Anda.
  48. tintin
    #48

    Pak ZIarah wali songo ngapain aja sih pak ..?? :)

  49. im fine
    #49

    Photo yang teratas, itu kotaku!!
    hehehe…bangga gw!!:D

  50. Tuti Nonka
    #50

    Ziarah ke makam harus didasari dengan niat yang betul, yaitu untuk mengenang perjuangan orang-orang yang diziarahi, meneladani perilaku mulianya, dan mengingat bahwa semua manusia akan kembali pada Tuhan. Kalau ziarah untuk minta doa ke makam … wah, itu mah syirik dan dosa besar.

  51. 4 sekawan
    #51

    kami 4 sekawan telah melawat makam sunan kalijaga dan sunan muria.perjalanan selama 2hari 2mlm.dari klia msia.

  52. Kaseh b. Hj. Md Hasan
    #52

    Assalamualaikum.
    bapak saya orang Malaysia. Sebenarnya saya sedang mencari potret Waling Songo berlatarbelak kan masjid. Sudah lama saya mencari adakah bisa bapak mendapatkannya untuk saya?.

  53. faizal
    #53

    salam…saya dari malaysia..ingin tahu bagaimana untuk mendapatkan pakej untuk menzirahi makam2 tersebut…jika saya dari malaysia…dimanakah tempat yang saya harus tuju?jakarta ataupun surabaya?

  54. anif
    #54

    Assalamu’alaikum. Apa sih arti ziarah sebenarnya, kenapa kita harus ziarah jauh-jauh ke tempat wali. Apa gunanya kita ziarah kesana? bukankah mereka adalah wali-wali Alloh yang Insya Allah masuk surganya Allah. Kenapa kita harus mendoakannya? kenapa?
    menurut yang saya ketahui, ziarah adalah sarana untuk mengingat mati bukan sarana untuk rekreasi atau mengenang. tapi sarana untuk MENGINGAT MATI, jadi ziaroh yang seharusnya dilakukan adalah ke kuburan keluarga kita (ayah dan ibu

  55. Dwi
    #55

    Lam kenal buat mas Edi dan muslimin-muslimat yg demen banget ngelakuin ziarah wali. saya termasuk orang yg suka berkumpul dgn orang2 yang tdk lupa pada walinya islam. saya sudah ikut ke wali 9 sebanyak 2x. trus, ke wali 8 gak bisa kehitung dech saking seringnya. abis, tiap aku abis kesana, rezeki pasti ada aja dan tiap usai ngaji di makam wali hati saya kok jadi plong dan tenang banget!!!
    TEMPAT YG MENYENANGKAN: perjalanan menuju sunan gunung jati, muria, sunan bonang tempatnya cukup rame…banyak becak melintas. hehehe

    BAGI SIAPA AJA YG GEMAR ZIAROH WALI, HUBUNGI SAYA
    DWI di 081805006771. TAK TUNGGU…SAPA TAU KITA BISA ZIARAH SAMA2. DIJAMIN MENYENANGKAN

  56. sriani
    #56

    aku pingin banget ziarah wali songo itu,

  57. sofian
    #57

    apik tenan mas ziarah ne insyaalloh ana jg akan ziarah tp karna kpentok biaya jadi ne urung tp alhamdulilah atas kebesaran gusti Alloh sy berziarah lewat mimpi dan bertemu langsung sosok Kangjeng Sunan Kalijogo, Sunan Gunung Jati, Sunan Kuning dan Sunan Geseng…insyaalloh mereka buka jin/khodam tapi sejati ne ruh waliulloh !

  58. choirudin arema
    #58

    saya senang jika bisa ikut.tapi pesan saya yang pasti.. jangan cuma ziarah nya saja yang dikerjakan. tapi ilmunya juga dipelajari, didalami, direnungkan dan dihayati serta siamalkan.. pasti anda banyak yang belum faham tentang ilmu kamanunggalan kepada ALLAH yang selalu diajarkan wali songo.. gimana caranya bisa ketemu dengan sejati kita… itulah tugas utama manusia yang selalu diajarkan para wali songo… artinya:: kita berma’rifat kepada ALLAH. sudahkah kita lakukan dan alami hal itu… kalo cuma ziarah saja, semua orang yang berduit bisa.. tapi mencapai DERAJAT INSAL KAMIL///// bisakah???? terimakasih. maaf bila lancang.///

  59. achmad
    #59

    assalamu’alaikum wr wb
    mas tanya dong ?

    kami ada rencana mo ziarah dgn rute ke :
    bandara juanda tiba jam 8 pagi ke sunan giri ke syeh maulana malik ibrahim ke hb abubakar muhammad assegaf ke sunan ampel…..

    Bis apa saja atau angkutan lokal apa saja yg saya dpt gunakan ?
    Berapa ongkosnya ?
    Kira2 peta/ keterangan rute turun dan naik bis dimana saja ?

    Mohon bantuannya..Oya sunan bungkul lokasinya dimana ?….
    Afwan
    Wassalam
    Achmad

  60. Hayan Mahdi
    #60

    Makam Sunan pandanaran kok ada dua di Semarang dgn di klaten Bayat,….. yg aseli yg mana ya

  61. yuma yusuf_batam
    #61

    bagussss banget pa’ edi, saya baru lima walisongo jatim aja pa’, insyaalloh saya sampai kewali jabar dan jateng.
    oh pak edi dijawa ada walisongo kalau kepri ada panglimasongo tiga dibatam, satu dipulau nipah, satu dipulau setoko,satu dipulau rempang, satu sipulau galang, satu dipulau kundur, satu dipulau tujuh. semoga pa’ edi busa sampai kesalah satu panglimasongo, slam ntuk semua. yuma_batam kepri.

  62. yuma yusuf_batam
    #62

    pa’ edi …, kepri ada sejarah melayu pulau penyengat, pulau lingga bunda tanah melayu dan banyak lagu pa’ edi, ditunggu kedatangannya.

  63. MT
    #63

    ibrahim asmoro qondi dan maulana malik ibrahim itu orang yang berbeda ya?

  64. Isti dari siswa MTS P.AL Hamidiyah Depok
    #64

    Kpn yach aku bisa pergi ke ziarah mkm walsonk…
    hari ini aku ga bs ikut kesana soal’a uang aku ga ckp untuk kesana…
    aku berharap nanti’a aku bisa kesana bersama teman2ku…
    sayang’a skrg ini aku gak bisa ikut kesana…

  65. rafik
    #65

    aduh seneng banget wisata.ziarah ,petualang, jalan2, religi ,tirakat.napak tilas ..wahhh pokoke komplit ….tapi …. kalau dari jakarta ada gak yaaaa…..mo daftar buat tahun 2010 nanti…kaya mo haji aja….

  66. kang huda
    #66

    Alhamdulillah…Ziarah memang selalu berkesan di hati, apalagi ke makam para Waliyulloh. Saya sangat kepingin sekali ziarah ke Wali 9 , tapi belum bisa terlaksana.
    Pernah 2 hari 3 malam ke Wali-wali di Jawa Timur, itu dahulu waktu masih kecil bersama orang tua…hehehe

    Nice Report , Kang !! :D

  67. Rizal
    #67

    Saudara ,
    boleh saya dapat gambar makam wali songo kalau ada
    kalau boleh tolong email saya
    terimakasih

  68. Rizal
    #68

    Saudara /saudari DWI

    Dwi
    #55
    Maret 1st, 2009 at 9:01 am | 1 komentar
    Lam kenal buat mas Edi dan muslimin-muslimat yg demen banget ngelakuin ziarah wali. saya termasuk orang yg suka berkumpul dgn orang2 yang tdk lupa pada walinya islam. saya sudah ikut ke wali 9 sebanyak 2x. trus, ke wali 8 gak bisa kehitung dech saking seringnya. abis, tiap aku abis kesana, rezeki pasti ada aja dan tiap usai ngaji di makam wali hati saya kok jadi plong dan tenang banget!!!
    TEMPAT YG MENYENANGKAN: perjalanan menuju sunan gunung jati, muria, sunan bonang tempatnya cukup rame…banyak becak melintas. hehehe
    BAGI SIAPA AJA YG GEMAR ZIAROH WALI, HUBUNGI SAYA
    DWI di 081805006771. TAK TUNGGU…SAPA TAU KITA BISA ZIARAH SAMA2. DIJAMIN MENYENANGKAN

    saya minat nak ziariahi makam ,adakah number telephone u masih berfungsi ,ada email ke

  69. Uun Edhy Sanjaya
    #69

    Waduh aku kepingin ke penjalu tapi belum keturutan kapan ya…. kepamejahan juga belum… kapan ya

  70. bayu
    #70

    Bos ane ikut numpang artikelnya y wat blog ….
    tks bos..

  71. ndoet
    #71

    ok pak mudah2an kita semua di kumpulkan di akhirat bersama2 dgn orang sholeh para wali terutama nabi

  72. ayu
    #72

    sya pakinh suka dengan wali songoo

  73. doelsoehono
    #73

    Salam Numpang kenal …kalau boleh mohon Infonya cara adab doa di para wali …terima kasih Rencana dari Bandung tanggal 24 langsung terbang ke Surabaya , makasih sebelumnya

  74. Bedste indboforsikring
    #74

    Thanks to this content. I find that you shared an informative stuff.

Form Komentar :

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>