Agu 24
Facebook
Twitter
Digg
Stumbleupon
Technorati
Delicious

Mengisi Rapor Online Otomatis Menggunakan Smart Rapor Entry

Kategori : Pendidikan | Dibaca : 3,890 kali

Kegiatan pembelajaran di tahun pelajaran baru 2015/2016 sudah berjalan hampir satu bulan lamanya. Serangkaian kegiatan digelar untuk mempersiapkan tahun pelajaran baru ini, salah satunya adalah workshop. Workshop memang menjadi agenda rutin tahunan yang diadakan oleh sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta khususnya di lingkungan kota Surabaya. Workshop bertujuan memberi bekal kepada para guru untuk mempersiapkan siswanya menjadi insan yang cerdas, pintar, beriman dan berakhlak mulia.

SMK Sejahtera Surabaya yang merupakan sekolah swasta di wilayah utara kota Surabaya tidak mau ketinggalan. Sekolah kejuruan yang membuka jurusan Akuntansi dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini mengadakan workshop pada tanggal 14 s/d 16 Agustus 2015. Workshop yang diadakan di Pacet, Mojokerto ini diikuti sekitar 80-an guru dan karyawan SMK Sejahtera Surabaya.


Peserta workshop yang sangat antusias

Pada workshop kali ini kebetulan saya menjadi salah satu nara sumbernya dengan materi “Mengisi Rapor Online Otomatis Menggunakan Smart Rapor Entry”, yang kebetulan aplikasi ini adalah buatan saya sendiri.

 

Workshop ini saya bagi menjadi 3 (tiga) tahap meliputi :

Tahap 1 : Instalasi Smart Rapor Entry

Tahap instalasi ini membutuhkan waktu paling lama karena saya harus meng-copy-kan Smart Rapor Entry satu persatu dan menginstalnya ke dalam laptop guru-guru. Tapi untungnya saya dibantu oleh tim yang hebat, antara lain Pak Dwi Susanto, Pak Imam, dan Pak Angga (terima kasih atas kerjasamanya). Dengan bantuan mereka, proses instalasi berjalan dengan lancar.

Tim yang sedang menginstal aplikasi

Tahap 2 : Registrasi Smart Rapor Entry

Agar bisa digunakan, aplikasi Smart Rapor Entry ini harus di-registrasi dulu karena pada Versi 2.0 ini saya menghilangkan fasilitas untuk free member. Cara registrasinya cukup mudah. Dengan cara menjalankan aplikasi ini di laptop, akan diketahui ID membernya. Selajutnya ID member itu harus digenerated untuk mendapatkan serial number yang unik. Jika serial number sudah dimasukkan, aplikasi akan aktif dan bisa digunakan seterusnya. Walaupun proses ini mudah, namun ternyata pada tahap ini juga memakan waktu yang lama karena saya harus meregistrasi laptop satu persatu. Dan akhirnya proses registrasi pun sukses.

Saya yang kebetulan menjadi salah satu nara sumber

Tahap 3 : Praktek penggunaan aplikasi

Tahap ke 3 inilah yang paling ditungu-tunggu oleh guru-guru, yaitu praktek memasukkan nilai rapor online secara otomatis menggunakan Smart Rapor Entry. Kendala terjadi karena ternyata pada waktu itu rapor online dikunci oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Kita hanya bisa login di websitenya, dan tidak bisa memasukkan nilai. Tetapi untungnya saya sudah menyiapkan segala sesuatunya. Berbekal rapor online versi demo (latihan), kendala-kendala itu akhirnya bisa teratasi. juga Bahkan menggunakan rapor online versi demo ini prakteknya bisa sambil offline. Tidak terganggu oleh koneksi internet dan tidak perlu menggunakan modem.

Akhirnya workshop ini pun berjalan dengan sukses seperti yang diharapkan, walau sebenarnya masih ada kekurangan di sana-sini, karena di dunia ini tidak ada yang sempurna. Bagi peserta workshop yang belum sempat mengcopy aplikasi dan registrasi, silakan menghubungi saya.


Tentang Penulis :

Edi Psw

Seorang blogger biasa yang selalu memiliki rasa ingin tahu, suka berbagi, selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik, bagi dirinya maupun bagi orang lain. Profil selengkapnya »

Jadikan teman di sini :

Bagikan:

Jika suka dengan artikel ini, silakan di-share:

Facebook Twitter Stumbleupon Technorati Delicious

Berlangganan:

Jika ingin mendapatkan update artikel terbaru, masukkan alamat email Anda di sini:

Delivered by FeedBurner

2 komentar pada “Mengisi Rapor Online Otomatis Menggunakan Smart Rapor Entry”.

  1. grandchief
    #1

    Sekarang raportnya ada model online-nya juga pak ya,tambah sipp. 😀

    Sudah lama ini. Rapor onlinenya dari Dinas Pendidikan, bukan dari sekolah

    – Edi Psw –

  2. dimas
    #2

    raport online untuk murid sekolah ya ?
    sudah brapa lama di terapkan di semua sekolah surabaya di kota2 lain ada ?

Form Komentar :

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>