Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Mengisi Rapor Online Otomatis

Rapor Online yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya kini sudah bisa dibuka lagi setelah beberapa bulan lamanya dikunci oleh admin. Dibukanya Rapor Online ini tentu saja disambut gembira oleh guru-guru di lingkungan kota Surabaya yang sudah lama ingin memasukkan nilainya. Seperti diketahui bahwa nilai yang dimasukkan ke dalam Rapor Online ini banyak macamnya, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mengisikannya.

Dikuncinya Rapor Online selama berbulan-bulan ini, pada awalnya saya kira akan ada perubahan pada input datanya, yang memudahkan guru-guru dalam mengisikan nilai, tatapi ternyata tidak banyak yang berubah. Dari segi tampilan, masih seperti yang dulu. Jumlah KD yang ditampilkannya pun tidak berubah, yaitu jumlah KD dalam satu tahun, yang mestinya akan lebih efektif jika ditampilkan jumlah KD per semester. Input nilainya pun masih berupa dropdown, seandainya diubah menjadi textbox atau dbgrid begitu mungkin bisa diisi dengan copy-paste sehingga lebih mudah.

Hanya ada satu perubahan pada Rapor Online, yaitu ditambahkannya rapor untuk sekolah-sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang tentu saja isinya berbeda dengan Rapor di Kurikulum 2013. Apa saja isi Rapor Online di KTSP, akan saya bahas di artikel berikutnya.

Kali ini saya akan membagikan aplikasi untuk mengisi Rapor Online secara otomatis bernama Smart Rapor Entry, sehingga tidak harus meng-klik satu persatu untuk memasukkan nilai. Cukup dengan meng-klik beberapa kali saja, Rapor Online akan terisi secara otomatis. Aplikasi Smart Rapor Entry V1.0 ini tersedia versi gratis maupun berbayar. Versi gratis hanya bisa untuk mengisi nilai KI-1 dan KI-2 untuk Kurikulum 2013, atau nilai Akhlak Mulia untuk Kurikulum KTSP. Sedangkan versi berbayar bisa untuk mengisi semuanya dengan cara copy-paste nilai dari Microsoft Excel. Sehingga dengan aplikasi ini, mengisi nilai pada rapor online sudah tidak menjadi sulit lagi.

Dan bagi yang ingin mengetahui KD-KD apa saja yang harus diisi agar siswa mendapatkan nilai yang lengkap tanpa harus mengisi semua nilai, bisa dibaca artikel saya sebelumnya disini.

Yang ingin mendapatkan aplikasi untuk mengisi rapor online otomatis, klik disini.

Komentar

20 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.