Sep 08
Facebook
Twitter
Digg
Stumbleupon
Technorati
Delicious

Menjadi Narasumber Workshop MGMP Kimia Kota Surabaya

Kategori : Pendidikan | Dibaca : 699 kali

Kisi-kisi UTSMenjadi narasumber workshop sebenarnya bukan hal yang baru bagi saya. Sejak akhir tahun 2015, tepatnya sejak aplikasi Smart Rapor Entry ini saya lounching dan mulai dikenal oleh kalangan guru-guru di kota Surabaya, saya mulai banyak mendapat tawaran untuk mengisi workshop di sekolah mereka, baik SD, SMP, SMA maupun SMK. Sebenarnya keinginan mereka sangat sederhana. Mereka ingin kegiatan pengisian Rapor Online yang dilakukan di sekolah itu tidak terlalu membebani guru-guru. Guru-guru ingin pengisian Rapor Online bisa dilakukan dengan santai, cepat, dan menyenangkan.

Walau bukan yang pertama, menjadi narasumber workshop MGMP Kimia kali ini sungguh istimewa bagi saya. Istimewa karena memang berbeda dengan workshop-workshopi sebelumnya. Letak keistimewaan workshop kali ini antara lain :
Pertama, dalam workshop di sekolah-sekolah biasanya saya diundang atas nama pribadi, namun kali ini saya datang mengemban amanah dari Dinas Pendidikan kota Surabaya. Saya dipercaya oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk menjadi narasumber dalam MGMP Kimia Kota Surabaya melalui undangannya yang diupload di situsnya yang beralamat di dispendikketenagaan.wordpress.com.

 

Kedua, peserta yang diundang dalam workshop MGMP Kimia kota Surabaya ini berasal dari berbagai sekolah baik sekolah negeri maupun swasta dan tentunya memiliki berbagai keragaman. Sebanyak 128 guru yang diundang dalam workshop MGMP Kimia ini.

SMA Negeri 7 Surabaya yang bertindak sebagai tuan rumah nampaknya sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk keperluan workshop kali ini. LCD dan kabel roll untuk laptop sudah tersedia sejak pagi.

Sekitar pukul 08.30 WIB workshop dimulai, dibuka langsung oleh Sekretaris MGMP Kimia dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua MGMP Kimia Kota Surabaya, dalam hal ini adalah bu Choiriyah, Sesaat kemudian dilanjutkan dengan pemaparan hasil bintek soal HOTS Kimia oleh Sekretaris MGMP Kimia Kota Surabaya sendiri.

Setelah makan siang, acara puncak pun dimulai. Saya bergegas menyiapkan laptop dan menayangkannya melalui LCD di depan. Saya mulai dengan sebuah pertanyaan kepada Bapak/Ibu Guru.

“Selama ini Bapak/Ibu Guru kalau mengisi rapor online menggunakan cara manual atau menggunakan aplikasi?”

Ternyata kebanyakan dari mereka masih menggunakan cara manual dalam mengisi rapor online. Saya katakan kepada meraka bahwa sekarang sudah ada aplikasi Smart Rapor Entry, aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pengisian rapor online. Jika selama ini Bapak/Ibu mengisi rapor online dengan cara manual, sudah saatnya untuk berganti menggunakan aplikasi ini. Hanya dengan beberapa klik saja, nilai akan terisikan secara otomatis ke dalam rapor online.

Saya juga menjelaskan bahwa Bapak/Ibu nggak perlu lembur lagi mengisi rapor online, nggak perlu bangun tengah malam, apalagi harus datang ke kantor Diknas untuk mengisi rapor online karena aplikasi Smart Rapor Entry ini akan membantu kita mengisi rapor online dalam hitungan menit. Sekali kita kerjakan, sudah beres semuanya,

Jadi dengan aplikasi ini, waktu untuk keluarga nggak tersita, waktu untuk istirahat nggak tersunat.

Kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung pengisian rapor online. Di situ saya pandu step by step pengisian rapor online menggunakan Smart Rapor Entry hingga selesai. Yang lebih menyenangkan dalam workshop ini, pada akhirnya saya bertemu dengan teman-teman lama saya saat mereka masih mengajar di SMA Negeri 11 Surabaya


Tentang Penulis :

Edi Psw

Seorang blogger biasa yang selalu memiliki rasa ingin tahu, suka berbagi, selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik, bagi dirinya maupun bagi orang lain. Profil selengkapnya »

Jadikan teman di sini :

Bagikan:

Jika suka dengan artikel ini, silakan di-share:

Facebook Twitter Stumbleupon Technorati Delicious

Berlangganan:

Jika ingin mendapatkan update artikel terbaru, masukkan alamat email Anda di sini:

Delivered by FeedBurner

Belum ada komentar pada “Menjadi Narasumber Workshop MGMP Kimia Kota Surabaya”.

Form Komentar :

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>