Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Pengertian Desain Grafis | Kelas X TKJ

Kata desain grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah essay berjudul new kind of printing calls for new design yang ditulis oleh William Eddison dwiggins , seorang desainer buku Amerika.
Raffe’s Graphic Design yang diterbitkan pada tahun 1927 dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah desain grafis pada judulnya. The signage in the London underground adalah contoh desain klasik pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward johnstone pada tahun 1916.

Desain grafis terdiri dari 2 kata, yaitu desain dan grafis. Desain sebagai kata kerja diartikan sebagai proses untuk membuat dan menciptakan objek baru, sedangkan desain sebagai kata benda dapat diartikan sebagai hasil akhir dari sebuah proses kreatif. Grafis dapat diartikan sebagai citra visual (image).

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan seni rupa murni (fine art/pure art). Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), ataupun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang seringkali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang

Pada dunia pendidikan, contohnya buku-buku yang dicetak dan dipelajari oleh anak-anak di desain sedemikian rupa oleh desainer, sehingga dapat menarik perhatian pembaca. Begitu pula dengan dunia bisnis brosur logo, kartu nama dan desain website, termasuk pada kategori desain grafis.

Manfaat yang dapat diraih dengan mempelajari desain grafis antara lain sebagai berikut:
1. Mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis
2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada masyarakat luas (secara umum), sehingga dapat diimplementasikan di dalam lingkungannya.
3. Mempersiapkan masyarakat (siswa/mahasiswa/kaum terpelajar) agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis

Untuk lebih jelasnya, silakan tonton video berikut :

Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.