Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Peta Pikiran Alat Transportasi Barang | PKWU Kelas X – #3

Alat transportasi barang
Dalam proses perpindahan objek, karakter atau keadaan dari setiap unsur berpengaruh pada cara kerja keseluruhan dari sistem transportasinya. Misalnya karakter air di dalam gelas berbeda dengan karakter air di dalam botol kemasan.

Maka, cara pemindahannya pun akan berbeda. Membawa air yang ada di dalam gelas akan lebih berhati-hati daripada membawa air yang ada di dalam botol kemasan karena air dalam botol kemasan tidak memiliki risiko tumpah.

Perpindahan objek pada prinsipnya melibatkan beberapa unsur antara lain : jarak yang dilalui, Jenis barang, Sumber tenaga, Sistem Kendali, Sistem Penggerak, dan Medan Yang Dilalui

Sekarang kita bahas satu per satu.

1. Jarak yang dilalui
Jarak yang dilalui di sini apakah jarak dekat, sedang, atau jauh. Transportasi jarak dekat tentu saja berbeda dengan transportasi jarak sedang dan jarak jauh. Transportasi jarak sedang dan jarak jauh selalu membutuhkan kegiatan logistik karena proses transportasi itu sendiri memakan waktu yang lama, sehingga penyimpanan barang agar tetap aman harus juga diperhitungkan.

2. Jenis barang
Memindah barang yang memiliki karakter berbeda misalnya telur, botol, buah, dll, tentunya alat transportasi yang digunakan berbeda. Memindah telur harus lebih hati-hati daripada memindah botol dan buah. Karena telur ayam adalah komoditas yang mudah rusak. Maka, kita membutuhkan pengaturan yang tepat untuk penyimpanan maupun untuk transportasinya agar pedagang tidak mengalami kerugian karena kerusakan barang. Kemasan atau wadah khusus dirancang untuk telur ayam agar terhindar dari benturan. Kemasan telur ayam pun harus dapat ditumpuk untuk efisiensi ruang penyimpanan.

3. Sumber tenaga
Sumber tenaga dari alat transportasi yang digunakan misalnya menggunakan tenaga manusia, tenaga hewan, tenaga listrik, dll. Transportasi menggunakan tenaga manusia misalnya dilakukan dengan cara memikul, menjinjing, mendorong, atau menggendong. Sedangkan transportasi menggunakan hewan, misalnya pada delman yang ditarik oleh kuda, pada gerobak yang ditarik sapi, dll. Perkembangan teknologi transportasi yang terus meningkat akhirnya ditemukan alat transportasi yang menggunakan tenaga listrik.

4. Sistem Kendali
Artinya adalah siapa yang mengendalikan transportasi ini, apakah dikendalikan secara manual atau dikendalikan secara otomatis? Sistem Kendali Manual adalah pengontrolan yang dilakukan oleh manusia yang bertindak sebagai operator, sedangkan Sistem Kontrol Otomatik adalah pengontrolan yang dilakukan oleh peralatan yang bekerja secara otomatis dan operasinya dibawah pengawasan manusia.

5. Sistem Penggerak
Misalnya digerakkan menggunakan katrol, atau roda gigi, atau yg lain. Unsur penggerak sistem katrol dapat berupa tali, kabel, sabuk, atau rantai yang dapat menjalankan katrol pada sebuah alur.
Sedangkan sistem penggerak roda gigi dapat berupa beberapa roda gigi yang saling bersinggungan dan berputar untuk mentransmisikan daya.

6. Medan Yang Dilalui
Apakah melalui darat, air, atau udara.
Transportasi darat contohnya transportasi menggunakan mobil, bus, kereta api, dll. Transportasi air contohnya transportasi menggunakan rakit, perahu, kapal, dll. Sedangkan transportasi udara contohnya pesawat, roket, helikopter, dll.

Medan melalui darat masih bisa dibagi lagi menjadi jalan setapak, tanjakan berbatu, keramik, dll

Sedangkan medan melalui air misalnya sungai, danau, dan laut.

Untuk lebih jelasnya silakan simak video berikut :

Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.