Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Tips Pengisian Rapor Online Kurikulum 2013

Kegiatan pembelajaran di sekolah untuk semester gasal tahun pelajaran 2014/2015 hampir usai. Minggu depan sebagian besar Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Surabaya akan melaksanakan Ulangan Akhir Semester (UAS). Kemudian disusul dengan agenda puncak dalam semester gasal ini yaitu pembagian rapor yang menurut kalender pendidikan akan diadakan pada tanggal 20 Desember 2014.

Saya sebagai salah seorang guru di salah satu SMA di Surabaya tentunya harus menyiapkan segalanya, termasuk pengisian rapor online sebagai laporan hasil belajar siswa selama 6 bulan ini. Sebagian nilai sudah saya masukkan saat rapor sisipan beberapa waktu lalu, dan sekarang tinggal menambahkan beberapa nilai lagi.

Pada kesempatan ini saya tidak ingin membahas mengenai bagaimana penilaian pada kurikulum 2013 melainkan ingin membagikan sebuah tips yang saya olah dari berbagai sumber misalnya dari workshop, internet, dan sharing dengan teman-teman selama melakukan pendampingan di 8 sekolah kemarin, tentang pengisian rapor online seperti bagian-bagian mana yang perlu diisi sehingga pengisian rapor online cepat selesai.

Dimulai dari jumlah Kompetensi Dasar (KD). Jumlah KD yang ditampilkan di rapor online adalah jumlah KD untuk satu tahun. Jumlah KD yang ditampilkan di rapor online berbeda-beda tergantung dari mata pelajarannya. Sebagai contoh pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, jumlah KD yang ditampilkan di rapor online ada 8 KD. Delapan KD itu adalah jumlah KD dalam satu tahun. Pada semester gasal ada 4 KD dan semester genap juga ada 4 KD (sebaiknya dicocokkan dengan silabus).


KI-1 : Penilaian Spiritual

Penilaian Spiritual meliputi penilaian Observasi, Diri Sendiri, Antar Teman, dan Jurnal Guru yang masing-masing terdapat 2 aspek yang harus dinilai yaitu Syukur dan Ibadah. Dalam tiap KD dapat dipilih salah satu dari kedua aspek ini (syukur atau ibadah), tetapi dalam satu semester kedua aspek tersebut harus terisi.

Contoh :

Dalam 1 semester terdapat 4 KD, maka :

Syukur : diisikan pada KD1 dan KD3

Ibadah : diisikan pada KD2 dan KD4

Atau

Syukur : diisikan pada KD1 dan KD2

Ibadah : diisikan pada KD3 dan KD4


KI-2 : Penilaian Sosial

Penilaian Sosial meliputi penilaian Observasi, Diri Sendiri, Antar Teman, dan Jurnal Guru yang masing-masing terdapat 7 aspek yang harus dinilai yaitu Disiplin, Sopan Santun, Kerjasama, Kepedulian, Kejujuran, Tanggung Jawab, dan Percaya Diri. Dalam tiap KD dapat dipilih minimal 2 aspek ini, tetapi dalam satu semester ketujuh aspek tersebut harus terisi.

Contoh :

Dalam 2 semester terdapat 4 KD, maka :

KD1 : diisikan pada aspek Disiplin dan Sopan Santun

KD2 : diisikan pada aspek Kerjasama dan Kepedulian

Dst.

Nilai Sosial yang muncul di rapor online adalah nilai yang paling banyak muncul (modus).


KI-3 : Penilaian Pengetahuan

Penilaian Pengetahuan meliputi penilaian Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), Ulangan Harian (UH), dan Tugas. Dalam rapor sisipan nilai yang harus diisikan adalah nilai UH dan UTS. Sedangkan dalam satu semester keempat aspek ini harus terisi, tetapi dalam setiap KD tidak harus ada karena disesuaikan dengan KD bersangkutan. Nilai Pengetahuan yang muncul di rapor online adalah nilai rata-rata.


KI-4 : Penilaian Ketrampilan

Penilaian Ketrampilan meliputi penilaian Praktek, Portofolio, Proyek, dan Produk. Dalam satu semester keempat aspek ini harus terisi, tetapi dalam setiap KD tidak harus ada karena disesuaikan dengan KD bersangkutan. Nilai Ketrampilan yang muncul di rapor online adalah nilai yang paling tinggi.


Penilaian Ekstra Kurikuler

Penilaian Ekstra Kurikuler maksimal 3 (tiga) nilai ekstra kurikuler termasuk nilai pramuka sebagai ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti.

Demikian tips yang bisa saya berikan semoga bisa dijadikan sebagai pedoman dalam pengisian rapor online. Bagi yang ingin share, monggo….

Komentar

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.