Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Wirausaha Produk Rekayasa Sistem Teknik | PKWU Kelas XI – #1

Sistem berasal dari bahasa Latin systema, bahasa Yunani sustema, yang artinya satu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama, untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Sistem bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pendayagunaan berpikir untuk pemecahan masalah. Contohnya adalah bendung gerak yang merupakan struktur bendungan dan berfungsi untuk menaikkan permukaan air di sungai. Air sungai yang dinaikkan permukaannya dapat digunakan untuk sistem irigasi pada persawahan jika permukaan tanah yang diairi lebih tinggi dari permukaan air.

Sistem pada bendung gerak dapat juga digunakan sebagai penggerak peralatan produksi. Sungai yang cukup deras alirannya, dapat digunakan untuk sistem transportasi air.

Membuka dan menutupnya pintu air menggunakan sistem hidraulik yaitu sistem yang memanfaatkan zat cair (oli) yang bertekanan untuk melakukan gerakan segaris atau putaran.

Sistem merupakan keterpaduan antar elemen yang saling berinteraksi, sharing, sinergi dan kolaborasi untuk suatu tujuan tertentu, dengan proses mekanisme metabolisme loop feedbeck, input-proses-output dengan target produk dan waktu pencapaian tertentu.

Mekanisme kontrol yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara kontinyu, bersifat terbuka dan mempunyai batasan-batasan tertentu yang berada pada lingkungan tertentu.

Contoh sistem yang lain adalah pintu bagasi mobil yang menggunakan sistem hidraulik dilengkapi dengan elemen sistem yang berupa aktuator. Aktuator adalah peralatan mekanis untuk menggerakkan suatu sistem, mengkonversikan besaran listrik analog menjadi besaran lainnya.

Pintu bagasi tertopang aktuator pada saat dibuka. Aktuator tenaga hidraulik terdapat pula pada alat dongkrak yg digunakan untuk mengatasi permasalahan mengangkat beban yang cukup berat.

Untuk lebih jelasnya silakan simak video berikut :

Komentar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.