Agu 31
Facebook
Twitter
Digg
Stumbleupon
Technorati
Delicious

Tips Membayar PBB

Kategori : Perbankan | Dibaca : 28,241 kali

Ternyata waktu ini berjalan begitu cepat. Sepertinya belum lama saya membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Tahun 2009 tapi koq sudah ada tagihan lagi. Kemarin saya mendapatkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB Tahun 2010 yang diantar oleh tetangga ke rumah saya.

Saya baca jumlah yang harus dibayar dan tanggal jatuh temponya tanggal 31 Agustus 2010, berarti masih ada waktu 6 hari untuk membayar PBB ini. Sebenarnya waktu 6 hari ini sangat pendek mengingat kesibukan saya yang menyita waktu banyak. Tapi untungnya masih bisa menyempatkan diri beberapa jam untuk mengurus pembayaran PBB ini.

Ada banyak cara membayar PBB. Kita bisa menggunakan salah satu dari beberapa cara ini. Bisa lewat Bank Jatim, beberapa ATM, Teller Bank, bahkan bisa juga dari internet. Kemarin saya menggunakan ATM BCA untuk membayar PBB saya. Kalau bisa sebelum pergi ke ATM, SPPTnya dibawa karena pada saat pembayaran nanti kita disuruh memasukkan Nomor Objek Pajak (NOP) serta jumlah yang harus dibayar.

Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Masukkan kartu ATM BCA kemudian masukkan nomor PIN-nya.
  2. Pilih Pembayaran, pilih Pajak
  3. Selanjutnya kita disuruh memasukkan Nomor Objek Pajak (NOP). NOP bisa dilihat di pojok kiri atas SPPT.
  4. Kemudian kita disuruh memasukkan Tahun. Tahun PBB bisa dilihat di tengah atas SPPT.
  5. Selanjutnya akan ditampilkan Nama dan Alamat Wajib Pajak. Periksa dan pastikan bahwa nama yang tertera di ATM benar.
  6. Tekan Bayar untuk membayar  PBB.

Begitulah cara-cara membayar PBB melalui ATM BCA. Jika kita belum menerima SPPT PBB, segera hubungi Ketua RT setempat karena biasanya SPPT diberikan kepada Ketua RT untuk dibagikan kepada warganya.

Namun jika Ketua RT tidak mengetahui SPPT kita, sedangkan waktu pembayaran sudah mendekati batas akhir, sebaiknya gunakan saja SPPT tahun lalu. Lebih baik menempuh jalan ini daripada terlambat membayar PBB dan dikenakan denda 2% dari jumlah PBB terhutang.


Tentang Penulis :

Edi Psw

Seorang blogger biasa yang selalu memiliki rasa ingin tahu, suka berbagi, selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik, bagi dirinya maupun bagi orang lain. Profil selengkapnya »

Jadikan teman di sini :

Bagikan:

Jika suka dengan artikel ini, silakan di-share:

Facebook Twitter Stumbleupon Technorati Delicious

Berlangganan:

Jika ingin mendapatkan update artikel terbaru, masukkan alamat email Anda di sini:

Delivered by FeedBurner

17 komentar pada “Tips Membayar PBB”.

  1. Wempi
    #1

    weh… weh… untuk membayarpun ada tipsnya juga.

  2. iip albanjary
    #2

    belum pernah mbayar pbb je. lha belum pumya rumah je:)

  3. alief
    #3

    aku belum puny atangggungan pbb e, lha wong emang gak punya tanah apalagi bangunan…

  4. sawali tuhusetya
    #4

    tenryata bisa ya, pak, bayar pbb melalui atm bca. saya belum pernah memakai layanan ini. selamat idul fitri juga, ya, pak, mohon maaf lahir dan batin atas kehilafan saya selama ini.

  5. Business and finance
    #5

    langsung ke kantor desa Pak, dekat rumah :)

  6. joe
    #6

    orang bijak bayar pajak, orang pajak makan uang orang bijak ….

  7. sewa komputer
    #7

    Wah maksih infonya, sy dari tahun 2008 belum bayar PBB, kelupaan terus, maafkan daku….

  8. sandy shooter
    #8

    wah belum pernah bayar pbb nih…
    hehhehhe…

  9. oelil
    #9

    iya.. nih..saya sudah telat berapa tahun ya…sampai lupa..hehehe

  10. Lucky dc
    #10

    Wah, Kadang-kadang Pak RT suka lupa tuh dan gak tanggug jawab klo lupa

  11. sedjatee
    #11

    membayar PBB sekarang cukup mudah
    di kantor pos bisa,
    pake ATM juga bisa
    salam kenal Bung… sukses selallu..

    sedj

  12. my wife
    #12

    saya sering membayar PBB lewat Pak Carik

  13. kta
    #13

    waduh, saya baru tahu kalau pembayaran PBB bisa lewat ATM BCA. Padahal sudah 3 tahun punya ATM BCA nya

  14. eno
    #14

    apakah bisa lewat atm mandiri

  15. Mita
    #15

    mau tanya, kenapa bayar PBB 2012 tidak bisa melalui internet banking mandiri dan bca yha?

  16. Dinda
    #16

    Saya lewat BCA (Bu Carik Aja)

  17. Van
    #17

    Sekarang kayaknya lewat ATM BCA gagal terus. Pesannya nomor pajak nya tidak terdaftar. Padahal nomor pajak nya sudah benar.

Form Komentar :

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>