Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Tips Membeli Laptop Bekas Yang Berkualitas

Laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Laptop kini sudah bukan merupakan barang mewah lagi. Namun demikian, harga laptop baru yang masih selangit menjadi penghalang utama untuk memiliki barang serbaguna ini. Apalagi jika kondisi kantong kita sedang pas-pasan.

Namun jangan khawatir, walaupun dengan dana terbatas kesempatan untuk memiliki laptop yang bagus dan berkualias masih terbuka lebar. Caranya adalah dengan membeli laptop bekas.

Sebagian anggapan masyarakat memang mengatakan bahwa kualitas laptop bekas tidaklah sebagus laptop baru. Dan anggapan itu tidaklah salah, namun tidak bisa dimungkiri bahwa laptop bekas pun banyak yang memiliki kualitas baik. Bahkan kita bisa menghemat banyak uang jika berhasil mendapatkan laptop bekas yang masih bagus dengan harga yang jauh lebih murah daripada laptop baru.

Berikut saya akan memberikan tips membeli laptop bekas untuk mendapatkan hasil dan kualitas yang baik :

Tips 1 : Periksa bentuk fisik luar laptop

Bentuk fisik merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan dalam memilih laptop bekas walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa bentuk fisik yang bagus belum tentu memiliki isi yang bagus pula. Namun demikian, banyak pendapat mengatakan bahwa bentuk fisik luar merupakan cerminan dari bentuk fisik yang ada di dalam. Luarnya bagus biasanya dalamnya juga bagus. Seseorang akan merasa enggan untuk memeriksa bentuk fisik dalam jika bentuk fisik luarnya saja sudah tidak karuan. Jadi, bentuk fisik luar merupakan faktor yang sangat penting.

Tips 2 : Di mana Anda beli

Tentukan dimana Anda akan membeli laptop. Ada beberapa pilihan yang bisa dijadikan tempat untuk membeli laptop bekas. Yang pertama kita bisa mendatangi dealer-dealer lokal yang ada di daerah kita. Yang kedua, kita bisa memanfaatkan situs jual beli di internet seperti di Berniaga.com. Membeli laptop bekas di dealer lokal biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada membeli melalui situs jual beli di internet karena biasanya dealer lokal mengambil untung yang cukup tinggi dari hasil penjualannya.

Tips 3 : Periksa LCD

LCD (Liquid Crystal Display) mungkin merupakan komponen termahal dalam sebuah laptop. Periksa dengan cermat bagian LCD ini. Caranya, dalam kondisi laptop menyala, aktifkan blank screen saver. Periksa seluruh permukaan LCD, apakah ada garis-garis yang melintas vertikal maupun horisontal. Jika ada, lebih baik urungkan saja niat untuk membeli laptop itu. Karena kita tahu bahwa harga sebuah LCD (kalau terpaksa harus diganti) hampir sama dengan harga laptop itu sendiri.

Tips 4 : Periksa Baterai Laptop

Baterai merupakan komponen yang sangat penting dalam laptop. Baterai yang drop, akan mengurangi daya guna laptop. Periksa sampai seberapa lama baterai itu bisa bertahan. Cek juga apakah pengisian baterai bisa berlangsung dengan lancar atau tersendat-sendat. Cirinya, jika adaptor yang menghubungkan laptop dengan listrik itu panas, berarti proses pengisian listrik ke baterai tidak berlangsung lancar, kecuali kondisi baterai sedang penuh.

Tips 5 : Periksa semua perangkat

Periksa semua perangkat yang ada di laptop tersebut seperti Wireless, Bluetooth, CD/DVD Writer, Webcam, USB dan lain sebagainya. Pastikan semua bekerja dengan baik. Satu perangkat ada yang tidak berfungsi dengan baik, kelak akan merepotkan kita sendiri.

Tips 6 : Pemberian garansi

Cari laptop yang masa garansi resminya masih berlaku. Periksa juga segel-segel garansi yang ada di laptop masih dalam kondisi baik semua. Jika memang masa garansinya sudah habis, mintalah toko tersebut untuk memberikan garansi. Karena kekurangan-kekurangan kecil pada laptop biasanya akan muncul 1 – 3 bulan kemudian.

Demikianlah tips membeli laptop bekas yang bisa saya berikan. Semoga bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk mendapatkan laptop berkualitas baik dengan harga yang murah.

Komentar

46 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.