Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Blog Saya Terkena Kutukan Google

Menempati posisi atas pada pencarian Google mungkin merupakan kebanggan kita semua. Bagaimana tidak, blog yang bertokol di halaman 1 atau paling tidak halaman 4 dalam pencarian Google akan mudah ditemukan oleh para pengunjung sehingga blog kita akan semakin banyak dikenal, dan tentu saja akan menaikkan traffict blog kita.
Bertokolnya posisi blog kita di pencarian Google ditentukan banyak faktor, salah satunya adalah PageRank (PR) blog kita. Google selalu mengupdate PR blog kita setiap saat secara terus-menerus. Bagi yang PR-nya naik mungkin akan bisa tersenyum, sebaliknya bagi yang PR-nya turun seperti blog saya ini paling tidak ya harus gigit jari.
Sudah sejak lama saya mengkhawatirkan penurunan PR blog ini, terutama setelah saya mengikuti beberapa program affiliate dan memasang skrip di sana. Saya pun sudah mau berjaga-jaga untuk memasukkan rel=nofollow ke dalam link-link affiliate tersebut agar PR blog ini tidak turun. Namun belum sempat saya lakukan, sudah didahului oleh kutukan Google yang mendepak blog ini dari PR 3 menjadi PR 1.

Namun saya masih bersyukur karena tidak sampai terdepak ke angka nol seperti blog-blog yang lain. Dan saya juga tidak tahu, kira-kira dibutuhkan waktu berapa lama lagi untuk kembali bertengger di PR 3. Saya hanya berharap, penurunan PR blog ini tidak mengurangi semangat dan antusias saya dalam ngeblog. Mungkin ada yang ingin memberi saran?

Komentar

80 Comments