Download! Download Smart Rapor Entry secara gratis

Mengatur Permalink Blog Agar SEO Friendly

Setiap entri di dalam sebuah blog memiliki URL yang unik, yang tidak akan mungkin ada yang sama dalam blog tersebut. URL inilah yang dinyatakan sebagai alamat entri atau sering disebut permalink.

Sebagai pemilik blog tentu ingin blognya memiliki trafik yang tinggi. Apalagi kalau blognya digunakan untuk mencari dolar di internet. Trafik yang tinggi sangat mutlak dibutuhkan. Sayangnya, pengaturan permalink default yang diberikan oleh wordpress sangat buruk dan kurang SEO Friendly bahkan tidak User Friendly. Sedangkan pengaturan permalink sangat berpengaruh dalam menunjang posisi blog di mata search engine.

Coba perhatikan permalink default yang diberikan oleh wordpress seperti di bawah ini:

http://www.edipsw.com/?p=27

Dari pengaturan permalink di atas, penulisan ?p=27 sangat sulit untuk dikenali oleh search engine. Kita juga sulit untuk menerka apakah judul dari entri di atas. Seandainya ada seseorang yang mencari entri tentang “belajar seo” melalui search engine, entri di atas tidak diprioritaskan dalam hasil pencarian search engine, walaupun sebenarnya entri di atas juga membahas tentang “belajar seo”. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk mengubah permalink standart dari wordpress dengan permalink yang SEO Friendly dan User Frienly. Tetapi tidak boleh sembarang dalam mengubah permalink blog, apalagi blog yang sudah berusia lama.

Mengapa?

Karena halaman-halaman entri blog lama sudah banyak yang terindex oleh search engine. Search engine sudah memasukkan alamat-alamat entri tersebut ke dalam database-nya. Sehingga jika permalink-nya diubah, halaman entri yang ada di dalam blog tersebut tidak ditemukan oleh search engine sehingga semua halaman yang tadinya sudah diindek oleh search engine akan dihapus karena link-nya tidak ditemukan gara-gara perubahan permalink tadi. Kalau sudah begitu, bisa ditebak, peringkat blog akan turun dimata search engine.

Cara mengubah permalink wordpress adalah sebagai berikut :

Langkah 1: Buka Permalink Setting

Mula-mula kita harus login ke wordpress. Setelah masuk dashboard, klik “Setting” | “Permalink”. Selanjutkan akan tampil halaman seperti di bawah ini.

Langkah 2: Ubah Struktur Permalink

Sebelum diadakan perubahan, biasanya standart setting permalink wordpress adalah “Default” seperti yang ditampilkan pada gambar di atas. Agar SEO Friendly dan User Friendly, kita pilih “Custom Structure” kemudian kita isikan di kotak sebelahnya :

/%category%/%postname%

Sehingga yang ditampilkan dalam URL entri blog kita menjadi http://namablog.com/kategori/judul-entri/. Contoh : http://www.edipsw.com/wordpress/mengatur-permalink-agar-seo-friendly/

Kode-kode lain yang bisa digunakan adalah sebagai berikut :

%year% : menampilkan tahun entri, contoh “2010”
%monthnum% : menampilkan bulan entri, contoh “08”
%day% : menampilkan tanggal entri, contoh “27”
%hour% : menampilkan jam entri, contoh “21”
%minute% : menampilkan menit, contoh “35”
%second% : menampilkan detik entri, contoh “50”
%postname% : menampilkan judul entri, contoh “mengatur-permalink”
%post_id% : menampilkan identitas entri, contoh “123”
%category% : menampilkan kategori entri, contoh “wordpress”
%author% : menampilkan penulis entri, contoh “edipsw”

Langkah 3: Simpan Perubahan

Setelah diadakan perubahan struktur permalink, jangan lupa klik “Save” untuk menyimpan perubahan ini. Demikianlah sedikit panduan tentang pengaturan permalink agar SEO Friendly. Semoga bermanfaat.

Komentar

15 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *