Download! Download Smart Rapor Entry versi terbaru

Permalink Diubah, Bisnis Bubrah

Permalink
Permalink

Kata-kata di atas bukanlah slogan. Kata-kata di atas juga bukanlah pantun. Kata-kata di atas adalah gambaran bahwa kita harus berhati-hati dalam mengubah permalink blog, apalagi blog yang digunakan untuk mencari dolar di internet. Kenapa harus hati-hati? Karena permalink merupakan pengaturan dasar blog. Jika permalink diubah dengan semaunya, bukan hanya bisnis online yang lumpuh, tetapi blognya pun bisa jatuh dimata search engine.

Loh, koq bisa?

Di blogosphere segalanya bisa saja terjadi. Blog bisa memiliki PR yang tinggi dalam waktu singkat, tetapi sebaliknya blog yang sudah memiliki PR tinggi bisa jatuh dalam waktu sekejap. Untuk itu kita harus ekstra hati-hati dalam mengubah permalink kalau tidak ingin mengalami nasib buruk seperti yang saya alami.

Sebenarnya kejadian ini saya alami seminggu yang lalu. Sambil melakukan browsing mencari sesuatu yang bermanfaat, saya iseng-iseng merapikan kategori, tag dan permalink blog saya ini. Karena dalam blog saya kategori, tag, dan permalinknya masih acak-acakan. Setelah selesai, saya simpan perubahan kategori, tag, dan permalink dalam blog saya. Saya tidak sadar kalau blog saya ini digunakan untuk mencari dolar di internet.

Saya baru tahu setelah membuka point saya di TNX esok harinya. Saat itu point TNX saya hanya bertambah sekitar 500-an. Padahal biasanya point saya di TNX per harinya bertambah sekitar 2000 sampai 2500 point. Kalau dikurskan dalam dolar kira-kira $4 sampai $5 setiap harinya. Sehingga dalam sebulan pendapatan yang saya terima sekitar $120 hingga $150. Sebenarnya angka itu tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan pendapatan para Internet Marketer sejati yang bisa mencapai $400 dalam sebulan. Namun bagi saya, pendapatan segitu sudah cukup untuk mengganti biasa koneksi internet dalam sebulan.

Yang lebih menyedihkan, menurut informasi dari TNX, para pengiklan akan menghapus link mereka di blog saya dalam waktu 3 hari. Bisa ditebak, kalau pengiklan sudah menghapus link mereka, otomatis pendapatan blog saya akan berkurang.

Sebelum mengalami nasib yang lebih menyedihkan, bergegas saya mengembalikan pengaturan permalink blog saya seperti pengaturan sedia kala. Dan setelah saya amati dalam beberapa hari, ternyata secara perlahan-lahan point TNX saya naik kembali. Tetapi belum sempat kembali ke posisi normal, Mbah Google datang dengan tanpa ampun mendepak blog saya dari PR3 menjadi PR0.

Beginilah jika melakukan kecerobohan, walaupun hanya sedikit tetapi bisa berakibat fatal terhadap blog kita. Untuk itu, hendaknya hati-hati jikalau mengubah pengaturan permalink di blog terutama blog yang lama dan blog yang digunakan untuk mencari uang di internet.

Komentar

15 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.